Jakarta (ANTARA) - Jenama produsen kendaraan listrik Selis membagikan tips supaya kendaraan listrik, khususnya sepeda motor tetap awet dan performa maksimal.

Dikutip dari siaran pers pada Selis pada Kamis, hal pertama yang perlu dilakukan agar kendaraan awet adalah tidak membiarkan baterai kendaraan kosong.

Baterai merupakan sumber energi untuk dinamo menggerakkan roda. Jika dibiarkan kosong maka kinerja motor akan menurun dan motor akan rentan rusak.

Hal ini sama dengan motor konvensional atau bensin yang yang akan mati jika bensin kosong atau habis. Segera lakukan pengisian daya baterai jika indikator baterai sudah menunjukkan 25 persen atau menyisakan satu bar.

Hal tersebut juga akan membantu untuk memperpanjang umur pemakaian baterai. Jangan biarkan baterai benar-benar habis agar bisa sampai tujuan dengan nyaman.

Kedua, lakukan pengisian daya secara rutin. Meskipun dalam keadaan mati, motor listrik tetap menggunakan baterai untuk beberapa fungsi, seperti alarm. Oleh karena itu, pemilik perlu mengisi daya baterai secara rutin agar baterai pada motor listrik awet dan performanya tetap terjaga.

Pemilik kendaraan bisa mengisi baterai motor listrik Selis di rumah dengan kapasitas listrik 900 VA karena tidak memerlukan tegangan yang terlalu besar.

Namun, jangan lupa langsung cabut baterai ketika daya baterai sudah terisi full/penuh. Dalam buku manual motor listrik Selis, terdapat maksimal durasi pengisian daya baterai yang perlu kamu ikuti.

Ketiga, lakukan pengisian daya minimal seminggu sekali. Meskipun benar-benar tidak menggunakan motor listrik, kamu tetap harus melakukan pengisian baterai setidaknya seminggu sekali. Lakukan beberapa jam saja dan tidak perlu terlalu lama demi menjaga baterai agar tetap awet.

Keempat, gunakan baterai dan alat pengisian asli. Baterai dan alat pengisian baterai setiap motor listrik datang satu paket. Alat pengisian baterai ini tentunya sudah mengikuti karakteristik baterai yang kamu gunakan.

Baca juga: VKTR dan GAS kerja sama produksi empat sepeda motor listrik Selis

Oleh karena itu, gunakan alat pengisian baterai yang memang dibuat untuk mengisi kapasitas dari baterai yang dimiliki.

Selis baru-baru ini menggandeng Jakpreuner mengadakan pelatihan untuk pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) pada 5 dan 14 April 2023 di Jakarta Timur.

Acara dihadiri oleh 150 orang peserta di mana Selis memperkenalkan industri kendaraan listrik Selis sehingga pelaku UMKM bisa lebih mengenal dan mengetahui keuntungan kendaraan listrik.

Dalam acara itu Selis mengenalkan tipe kendaraan yang bisa digunakan untuk peluang bisnis yakni Selis Pujasera dan Selis Wisata.

Selis Pujasera

Kendaraan satu ini bisa dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan dan tujuan, seperti menaruh gerobak tambahan yang bisa menyimpan minuman dingin.

Dengan demikian, pelaku UMKM bisa menggunakan Selis Pujasera untuk menjual minuman dingin tersebut dengan biaya penggunaan sepeda listrik yang terjangkau.

Salah satu contohnya adalah penjualan jamu. Selis Pujasera bisa dimodifikasi untuk para penjual jamu sehingga tidak perlu menggowes sepeda secara manual karena bisa menggunakan dinamo yang digerakkan oleh energi listrik dari baterai.

Salah satu UMKM yang sudah menggunakan adalah Baso Jagorawi. Dengan bantuan Selis Pujasera, penjual bakso keliling tidak perlu mendorong gerobaknya. Pasalnya, bagian depan sepeda listrik ini diberikan gerobak yang bisa membawa semua peralatan, mulai dari bahan-bahan untuk bakso, tempat memasak, sampai bumbu-bumbu lainnya.

Selis Pujasera dirancang untuk memenuhi kebutuhan berkeliling. Oleh karena itu, gerobak listrik satu ini dilengkapi dengan pedal yang bisa digowes oleh penggunannya. Pedal ini tentu tidak berat karena dibantu oleh tenaga listrik. Dengan bantuan pedal dan tenaga listrik, kamu bisa berjualan dengan lebih jauh dan mengeluarkan tenaga yang lebih sedikit.

Gerobak listrik ini ditenagai dengan dinamo 350 Watt dan baterai SLA yang sudah cukup untuk menemani penjual untuk berkendara sampai dengan 20 km. Dengan jarak ini, kamu sudah bisa menempuh beberapa perumahan.

Selain itu, kecepatan Selis Pujasera sudah diatur sedemikian rupa agar sesuai dengan kebutuhan kamu untuk berkeliling. Kecepatan dari gerobak listrik satu ini adalah 15 km/jam.

Selis Pujasera sudah dimodifkasi sedemikian rupa dan bekerja sama dengan beberapa merek dagang, seperti Xi Bo Bike dan Kopi Jago, dan Baso Jagorawi. Jika masyarakat ingin menggunakan Selis Pujasera sebagai kendaraan untuk berjualan, Selis pasti akan bantu dan memberikan saran.

Baca juga: Selis akan buat terobosan motor listrik jarak tempuh 180 km

Selis Wisata

Selis Wisata adalah kendaraan golf listrik yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan pasar di Indonesia. Selis memiliki jaringan penjualan yang luas di seluruh kota besar di Indonesia, dan selalu berfokus pada pengembangan produk dan peningkatan kualitas.

Modelnya yang ringkas membuat mobil golf listrik ini menjadi multifungsi. Pengguna bisa menggunakan Selis Wisata untuk berbagai macam kebutuhan. Selis Wisata banyak digunakan di hotel dan tempat wisata, bandara, unit patroli, wilayah real estate, area perkebunan, dan pertambangan. Rangka Selis Wisata terbuat dari baja sehingga akan sangat kokoh untuk digunakan.

Para pebisnis bisa memiliki Selis Wisata berdasarkan kapasitasnya, yaitu 4 seats, 6 seats, dan 8 seats. Selis Wisata 4 Seats bisa mengangkut beban hingga 500 kg yang lebih besar dari 4 orang. Oleh karena itu, penumpang yang menaiki Selis WIsata 4 seats masih bisa membawa barang bawaan.

Selain 4 seats, terdapat juga Selis WIsata 6 Seats dan Selis Wisata 8 Seats. Kedua mobil golf listrik ini sama-sama bisa mengangkut beban hingga 700 kg.

Pebisnis tentu bisa memilih kedua jenis Selis WIsata ini berdasarkan jumlah tempat duduk. Jika membutuhkan 6 tempat duduk yang sudah termasuk supir dan membawa beban yang banyak, maka Selis Wisata 6 Seats dua menjadi pilihan yang tepat.

Jika membutuhkan lebih banyak tempat duduk, maka Selis WIsata 8 Seats bisa jadi pilihan. Ketiga kendaraan listrik ini memiliki jarak tempuh dan kecepatan yang sama, yaitu bisa menempuh jarak sampai dengan 40 km dan kecepatan 25 km/jam.

Selis Wisata juga memiliki climbing ability sebesar 20 persen sehingga bisa digunakan di medan yang tidak terlalu rata. Meskipun multifungsi, pengguna hanya perlu mengisi baterai kendaraan listrik ini maksimal selama 6 jam.

Penumpang yang menaiki Selis WIsata juga akan dimanjakan dengan tempat duduk yang dilapisi kulit sehingga tidak akan licin. Selain itu, kendaraan listrik ini memiliki dinamo sebesar 4.000 Watt sehingga akan memberikan pengalaman berkendara yang lancar.

Baca juga: Selis gandeng sekolah untuk suburkan kendaraan hijau

Baca juga: Kemenperin luncurkan purwarupa sepeda listrik buatan IKM

Baca juga: Tahan laba, SELIS siap genjot penjualan kendaraan listrik
Pewarta:
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2023