Jakarta (ANTARA) - PT Juara Bike (JB), anak usaha PT Gaya Abadi Sempurna Tbk (SLIS) sebagai produsen kendaraan listrik roda dua dan tiga dengan jenama Selis, akan segera menciptakan terobosan baru berupa pembuatan motor listrik dengan jarak tempuh 180 kilometer.

Hingga saat ini, rata-rata kendaraan roda dua berbasis listrik hanya mampu menempuh jarak sekitar 100 km.

Terobosan ini ditandai dengan teken kerja sama dengan perusahaan penyedia baterai industri PT Sentramitra Dayautama yang dilakukan pada Indonesia International Motor Show (IMS) 2023, di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (25/2).

"Kerjasama ini dilakukan sebagai wujud komitmen kami untuk ikut mendorong terlaksananya Indonesia menuju zero emission (nol emisi)," Kata Direktur Utama SLIS, Edi Hanafiah Kwanto

Melalui kerjasama ini, tipe baterai lithium akan dikembangkan dengan kapasitas 60V 75AH. Tipe baterai in merupakan tipe unggulan yang memiliki keamanan tinggi dan ketahanan baterai lebih lama.

Hal in merupakan sebuah kemajuan pengembangan teknologi yang menghasilkan jarak tempuh lebih jauh. Perusahaan logistik hingga ojek daring menjadi pasar yang akan dibidik motor listrik berkapasitas long range atau jarak jauh ini.

"Dengan jarak tempuh sejauh ini, kami akan berpotensi mengincar pasar yang lebih luas yang belum pernah didapat oleh perusahaan motor listrik lainnya," Ujar Direktur Operasional PT Gaya Abadi Sempurna, Wilson Teoh.

Selain perusahaan logistik dan ojek daring yang dapat menggunakan Selis dengan kapasitas baterai long range untuk kendaraan operasionalya. Masyarakat dengan mobilitas tinggi yang menempuh jarak jauh juga tidak perlu was-was ketika ingin memilih motor listrik.

Dalam pengembangan teknologi baterai lithium, Sentramitra juga fokus mendukung Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dengan memproduksi keseluruhan modul baterai lithium tersebut di dalam negeri.

Sebelumnya pada 16 Februari lalu, Selis meluncurkan motor listrik Selis GO Plus yang mampu menempuh jarak 140 km dengan dua baterai Lithium lon dan menggunakan motor yang kuat sebesar 2.000 Watt.
Kini, pihak Selis menyebut akan mengembangkan kembali kapasitas baterai yang mampu menempuh hingga 180 km.


Baca juga: VKTR dan GAS kerja sama produksi empat sepeda motor listrik Selis

Baca juga: RUPSLB setujui SLIS rights issue 2 miliar saham

Baca juga: Kemenperin luncurkan purwarupa sepeda listrik buatan IKM

Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2023