Jakarta (ANTARA) - PT Juara Bike sebagai produsen kendaraan listrik dengan jenama Selis bersama PT Teknologi Karya Digital Nusa (TKDN) memproduksi sepeda motor listrik yang akan digunakan sebagai kendaraan patroli Dinas Perhubungan DKI Jakarta.

Dikutip dari rilis pers, Selasa, Selis bersama PT TKDN memproduksi 186 unit Selis Agats Patroli. Langkah tersebut sebagai upaya keduanya dalam mendukung ekonomi hijau yang dicanangkan pemerintah dengan membentuk ekosistem kendaraan listrik untuk kualitas udara yang lebih baik.

“Unit-unit motor listrik ini sebagai implementasi dari Instruksi Presiden tentang penggunaan kendaraan listrik menjadi kendaraan dinas instansi pemerintah pusat dan daerah," ujar Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo.

Hal itu disampaikannya dalam acara serah terima sepeda motor listrik Selis Agats Patroli di kawasan Cikupa, Tangerang, Banten, Selasa.

Baca juga: Motor listrik Selis jadi yang pertama dibeli dengan subsidi pemerintah

Syafrin mengatakan Selis Agats Patroli akan digunakan oleh petugas yang tersebar di lima Kantor Suku Dinas dan satu Kantor Dinas Perhubungan DKI Jakarta sebagai kendaraan operasional petugas.

Direktur Utama PT TKDN, David Santoso mengatakan kegiatan serah terima kendaraan ramah lingkungan tersebut merupakan wujud komitmen perusahaan dalam mendorong kota pintar, salah satunya memanfaatkan kendaraan listrik yang terintegrasi dengan Internet of Things (IoT).

PT TKDN akan melakukan pengembangan teknologi IoT untuk pengawasan dan pemantauan kendaraan listrik serta pengembangan ekosistem pengisian daya guna mendukung pemanfaatan kendaraan listrik di Indonesia.

Sepeda motor listrik Selis Agats Patroli mempunyai kecepatan 65 km/jam dengan jarak tempuh 60 km. Kendaraan ramah lingkungan tersebut dibekali baterai Lithium 72 Volts 23 Ah.

Baca juga: Selis akan buat terobosan motor listrik jarak tempuh 180 km

Dengan dinamo 2.000 Watt, Selis Agats Patroli diklaim bertenaga dan cocok dikendarai di berbagai medan.

Sepeda motor listrik itu juga disematkan beberapa aksesori tambahan, seperti dua buah box pada bagian belakang yang masing-masing memiliki kapasitas 22 liter.

Selain itu, terdapat pula lampu strobo patroli yang terpasang di bagian belakang sepeda motor dan speaker sirine yang dipasang di sisi depan.

Selis Agats edisi Patroli ini juga sudah dilengkapi dengan STNK dan BPKB layaknya kendaraan pada umumnya sehingga bisa digunakan di jalan raya.

Selis diketahui telah memproduksi berbagai jenis kendaraan, seperti Pujasera, mobil golf, dan berbagai macam kendaraan listrik lainnya.

Baca juga: Tips agar sepeda motor listrik awet
Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023