Jakarta (ANTARA) - Royal Enfield, yang terkenal dengan kendaraan bertema retro, dikabarkan akan menghadirkan prototipe motor elektrifikasi pertama mereka pada tahun ini.

Rideapart pada Rabu (12/4) mengabarkan bahwa tidak banyak yang diketahui soal kendaraan listrik dari Royal Enfield yang akan datang, namun, banyak kabar beredar bahwa Royal Enfield tengah bersiap untuk meningkatkan produksinya.

Royal Enfield baru-baru ini dikabarkan telah mengakuisisi sebidang tanah baru seluas 60 hektar di Cheyyar dekat Chennai,  India, di mana fasilitas produksi baru yang canggih akan dibangun. Laporan dari beberapa publikasi otomotif India menunjukkan bahwa kendaraan listrik pertama Royal Enfield akan diproduksi di fasilitas itu.

Baca juga: Royal Enfield berinvestasi di perusahaan sepeda motor listrik Spanyol

Saat ini Royal Enfield sedang menjalani pengembangan kendaraan listrik di pabrik Vallam Vadagal. Lini produksi khusus telah disiapkan untuk membuat kendaaan listrik itu. 

Di masa mendatang, Royal Enfield diperkirakan akan menyiapkan fasilitas lain melalui Stark Motor, sebuah perusahaan kendaraan listrik Spanyol yang baru saja diakuisisi Royal Enfield. Kemungkinan besar teknologi Stark akan memainkan peran utama dalam pengembangan lini kendaraan listrik Royal Enfield yang akan datang.

Sudah menjadi fakta umum bahwa Royal Enfield tidak terburu-buru untuk memproduksi rangkaian kendaraan listriknya, merek tersebut menekankan bahwa mereka ingin "melakukannya dengan benar pada kali pertama".

Dengan banyaknya jenama yang beralih ke elektrifikasi, sensasi berkendara dengan motor-motor yang memiliki silinder tunggal atau kembaran paralel yang kekar dan kencang akan berubah dengan sendirinya pada saat ekosistem hijau sudah terbentuk.

Motor-motor Royal Enfield dikatakan juga terkenal akan hal ini, meskipun motornya tidak sebagus Triumph dan Ducati, mereka menawarkan estetika yang mirip dengan Thruxtons, Bonnevilles, dan Scramblers dengan harga yang lebih murah.

Baca juga: KILATS perkenalkan motor listrik baru GOVA F600

Baca juga: Begini Proses Konversi Motor BBM ke Motor Listrik

Baca juga: Kementerian ESDM beberkan manfaat konversi sepeda motor listrik
Pewarta:
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023