Jakarta (ANTARA) - PT Ilectra Motor Group (IMG) sebagai produsen motor listrik merek Alva, berjanji untuk segera mendistribusikan kendaraan elektrik terbaru mereka yang diluncurkan pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 yang lalu yakni Alva One XP pada April 2024.

"One XP sejak diluncurkan di IIMS sudah banyak yang pesan, harusnya mulai April sudah bisa di delivery ke konsumen," kata Chief Marketing Officer PT IMG Putu Swaditya Yudha disela-sela uji coba Alva One Xp di Bintaro, Jakarta Selatan, Rabu.

Menurut dia, pendistribusian yang dilakukan pada April nanti bukan tanpa sebab. Dalam hal ini, perusahaan dan juga instansi terkait sedang menghitung jumlah Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) yang nantinya akan memberikan manfaat kepada para konsumen yang sudah memesan motor listrik tersebut.

Dengan adanya insentif TKDN yang diberikan oleh pemerintah untuk motor listrik Alva One XP ini, konsumen yang sudah memesan motor listrik tersebut akan mendapatkan harga baru yang diklaimnya akan lebih terjangkau.

Baca juga: ALVA luncurkan motor listrik ONE XP seharga Rp31,5 juta

Baca juga: RI jadi pasar roda dua dunia, ALVA incar kuasai segmen motor listrik


"Harga Rp38,5 juta sebelum subsidi, jadi orang orang pesan dulu. Jadi, walaupun barangnya ada terus kalau mau memanfaatkan subsidi bisa di April nanti," tutur dia.

Tidak heran jika motor listrik ini banyak diincar oleh para konsumen elektrik di tanah air. Motor listrik Alva One XP sejatinya telah dilengkapi dengan berbagai peralatan teknologi yang mendukung mobilitas para pengendara tanah air.

Dalam hal ini, motor listrik terbaru dari Alva telah ditanamkan dengan layar Dynamic TFT 7 inci dengan interface visual yang lebih besar, lebih responsif serta lebih adaptif terhadap cuaca, dimana memungkinkan pengendara mengakses informasi lebih baik pada siang dan malam hari.
Motor listrik dari Alva, yakni One XP. (ANTARA/Chairul Rohman)


Layar Dynamic TFT ini juga dapat dipersonalisasi dengan menyajikan informasi yang dibutuhkan pengendara seperti kecepatan, status baterai, jarak tempuh, dan petunjuk navigasi.

Sejalan dengan memudahkan konsumen yang terus terhubung dengan gawainya, motor listrik ini juga sudah disematkan aplikasi bernama My Alva.

Aplikasi ini diyakini oleh perusahaan dapat membantu pemiliknya dalam beberapa hal seperti hadirnya fitur canggih Anti-theft emergency turn off, yang bisa mematikan motor ketika dicuri, MyALVA Locator, memungkinkan kita melihat lokasi motor, stasiun pengisian daya, serta ALVA Experience Center terdekat.

Tidak hanya itu saja, aplikasi yang sudah bisa diunduh di berbagai ponsel pintar ini juga sudah didukung dengan fitur lainnya seperti Battery Status Checking, Live Map Tracking, Trip History & Analytic, hingga pilihan untuk membagikan perjalanan melalui fitur Social Media Share.

Untuk dapur pacunya motor listrik ini telah dibekali dengan penggerak hub-drive yang telah disempurnakan untuk menunjang kegiatan sehari-hari kaum urban. Alva One XP sanggup menempuh jarak hingga 70 km dengan kecepatan mencapai 90km/j dengan torsi yang dihasilkan mencapai 46.5 Nm.

Putu Yudha menambahkan bahwa varian ini menambah jajaran motor listrik yang mengutamakan perpaduan antara kemudahan berkendara, gaya, dan aspek berkelanjutan yang diciptakan.

"Alva One XP hadir tidak hanya sebagai solusi mobilitas, namun juga melengkapi kebutuhan akan berkendara ramah lingkungan sebagaimana inisiatif pemerintah menuju era elektrifikasi. Kami mengajak seluruh pengendara untuk menjadi game changer, dan menciptakan titik-titik penyerapan emisi baru dengan berkendara bersama ALVA One XP," tutup dia.

Baca juga: Tips merawat baterai motor listrik ala ALVA

Baca juga: Sepeda motor listrik Alva One kantongi TKDN 44 persen



Pewarta:
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024