Jakarta (ANTARA) - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) melalui subholding PLN Icon Plus melakukan kerja sama dengan pabrikan otomotif asal China PT Build Your Dream (BYD) Motor Indonesia dalam mengembangkan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

Direktur Utama PT Indonesia Comnets Plus (PLN Icon Plus) Ari Rahmat Indra Cahyadi mengatakan bahwa kolaborasi bersama BYD dalam pengembangan ekosistem dan penyediaan kendaraan listrik merupakan langkah penting dalam mendukung transformasi energi yang lebih bersih dan berkelanjutan di Indonesia.

"Kami yakin kerja sama ini akan membawa manfaat besar bagi perkembangan infrastruktur dan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia dalam mendukung program transisi energi hijau, serta mewujudkan masa depan energi yang lebih berkelanjutan," kata Ari Rahmat Indra Cahyadi dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat.

Baca juga: BYD gandeng PLN sediakan layanan home charging mobil listrik

Baca juga: Chery-PLN kerja sama program penambahan daya konsumen mobil listriK


Ia menjelaskan, kerja sama antara PLN Icon Plus dan BYD meliputi penyediaan sebanyak 10.000 unit Electric Vehicle (EV) BYD yang pelaksanaannya salah satunya digunakan sebagai kendaraan operasional di lingkungan PLN.

Selain itu, PLN Icon Plus berupaya agar penggunaan aplikasi PLN Mobile sebagai platform digital dapat digunakan seluas-luasnya untuk pengembangan ekosistem kendaraan listrik.

Selanjutnya, kedua perusahaan juga memungkinkan pengembangan infrastruktur pengisi daya kendaraan listrik

Ia mengatakan, PLN Icon Plus memiliki peran sebagai subholding PT PLN yang menangani lini bisnis di luar kelistrikan (Beyond kWh).

Adapun transformasi PLN Icon Plus berfokus pada empat segmen, yaitu segmen PLN, segmen Retail, segmen Publik, dan segmen Electricity Related Business.

"Ekosistem ini luas sekali, termasuk juga layanan purna jual dan pengembangan dari sisi digital sangat terbuka. Kami hadir tidak hanya melayani PT PLN, tetapi juga hadir melayani publik," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Presiden Direktur PT BYD Motor Indonesia, Eagle Zhao menyampaikan bahwa penyediaan 10.000 unit Electric Vehicle (EV) BYD dalam jangka waktu lima tahun ke depan akan didukung oleh jaringan diler di seluruh Indonesia.

Zhao menjelaskan, BYD berkomitmen untuk memfasilitasi percepatan transisi menuju era kendaraan elektrifikasi di Indonesia tidak hanya melalui inovasi New Energy Vehicle namun juga dengan ekosistem yang dapat mempermudah ketersediaan unit bagi banyak pihak.

Menurut dia, implementasi kerja sama yang akan dilakukan secara bertahap selama lima tahun ini dinilai semakin mempermudah konsumen mendapatkan produk-produk EV dari BYD.

Dengan berbagai keunggulan yang dimiliki PLN ICON Plus dan sinergi dengan jajaran PLN Group, BYD optimistis dapat menjangkau konsumen yang lebih luas di berbagai lapisan masyarakat.

"Kolaborasi ini akan memungkinkan kami menggenapi visi untuk menghadirkan teknologi ramah lingkungan yang inovatif dan berkualitas tinggi kepada masyarakat Indonesia, serta memberikan kontribusi positif pada mobilitas berkelanjutan dengan mitra diler kami," katanya.

Baca juga: PLN jadikan tiang listrik sebagai tempat pengisian daya mobil listrik

Baca juga: NETA-PT PLN siapkan ragam fasilitas pengisian kendaraan listrik

Baca juga: PLN pastikan SPKLU di jalur mudik layani charging cepat mobil listrik

 
Pewarta:
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024