Jakarta (ANTARA) - Perhelatan pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 yang digelar di JIExpo Kemayoran, Jakarta akan segera berakhir pada Minggu (25/2). Kendati demikian, masih ada kesempatan bagi para pengunjung untuk mendapatkan berbagai potongan harga dan promosi dari sejumlah produsen mobil listrik yang tentu saja menggiurkan dan sayang bila tidak diambil.

Mobil listrik saat ini memang menjadi moda transportasi idaman bagi masyarakat urban, karena selain ramah lingkungan teknologinya pun mutakhir, serta yang terpenting dapat menekan pengeluaran ongkos perjalanan yang sebelumnya cukup tinggi karena menggunakan bahan bakar minyak.

Baca juga: Chery dan PLN kerja sama pemasangan unit pengisian daya di rumah

Baca juga: Menikmati fasilitas shuttle bus gratis menuju IIMS 2024


Saat ini harga mobil listrik pun semakin bersaing, bahkan di IIMS 2024, ada yang dijual dengan harga tak sampai Rp200 juta. Berikut sejumlah mobil listrik yang memberikan penawaran menarik khusus pengunjung IIMS 2024.

Wuling BinguoEV dipamerkan di IIMS 2024, JIExpo Kemayoran, Jakarta, Rabu (21/2/2024). (ANTARA/Pamela Sakina)


Wuling

Selain Air EV, Wuling saat ini memiliki beberapa jajaran mobil listrik baru, seperti BinguoEV dan Cloud EV. Tidak hanya dilego dengan harga yang menggairahkan, ketiga mobil ini memiliki sejumlah penawaran tambahan khusus pembelian di IIMS 2024.

Wuling Air EV lite merupakan salah satu mobil listrik termurah yang ada saat ini, dijual seharga Rp190 juta, dan BinguoEV mulai dari Rp317 juta (on the road Jakarta).

Sementara harga resmi Cloud EV, yang baru saja dikenalkan pada pembukaan IIMS 2024 itu belum diumumkan, namun seorang sales Wuling menyebut harganya berada di kisaran Rp400 juta hingga Rp500 juta.

Khusus di IIMS 2024, pembeli akan mendapat keuntungan tambahan gratis storage box dan emas dua gram. Ada pula undian uang elektronik minimal Rp500 ribu hingga iPhone 15 Pro.

Wuling juga menyediakan garansi jasa servis dan suku cadang hingga 15,5 tahun atau 155 ribu kilometer, serta garansi motor listrik dan baterai seumur hidup (lifetime warranty).
 

Seres E1 dipamerkan di IIMS 2024, JIExpo Kemayoran, Jakarta, Rabu (21/2/2024). (ANTARA/Pamela Sakina)


Seres

Jenama Tiongkok yang dahulunya bernama DFSK itu menawarkan kendaraan mungilnya Seres E1 seharga mulai Rp189 juta, mobil listrik termurah untuk saat ini.

Khusus pembelian di IIMS, konsumen akan mendapat gratis wall charger, alias alat pengisian daya untuk dipasang di rumah, namun biaya pemasangan ditanggung pembeli.

MG 4 EV di IIMS 2024, JIExpo Kemayoran, Jakarta, Rabu (21/2/2024). (ANTARA/Pamela Sakina)


Baca juga: Moeldoko sebut insentif EV lebih mendesak ketimbang hybrid

Morris Garage (MG)

Mulai dari MG 4 EV hingga MG ZS EV, bahkan hingga produk-produk non listriknya, MG akan memberikan voucher belanja Rp2 juta dan gratis kaca film, khusus pembelian di IIMS 2024.

Untuk mobil listrik, MG akan memberikan bonus wall charger dan V2L (Vehicle-2-Load). Namun dua bonus ini umumnya juga dapat diperoleh pada pembelian di luar IIMS.

Chery Omoda E5 dipamerkan di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Rabu (21/2/2024). (ANTARA/Pamela Sakina)

Chery

Chery memamerkan kendaraan listrik pertamanya Omoda E5 di ajang otomotif ini. Khusus untuk 2.000 pembeli pertama, perusahaan asal Tiongkok yang memiliki gen Britania dari Jaguar Land Rover itu memberikan diskon Rp10 juta menjadi Rp488,8 juta dari harga normal Rp498,8 juta.

Khusus pembelian tunai (cash) Chery akan memberikan gratis asuransi semua tanggungan (all risk) selama satu tahun penuh.

Garansi baterai dan motor listrik seumur hidup, wall charger, hingga portable charger juga bisa didapatkan bila membeli mobil ini.

BYD Seal dipamerkan di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Rabu (21/2/2024). (ANTARA/Pamela Sakina)


Tentunya banyak produk-produk mobil listrik lain yang dipamerkan di IIMS 2024, bahkan ada sejumlah jenama khusus mobil listrik baru yang masuk Tanah Air, seperti BYD dan Vinfast.

Namun, kedua merek yang sedang hangat dibicarakan itu belum memberikan penawaran khusus di ajang otomotif ini, mereka masih berniat untuk melihat animo masyarakat terlebih dahulu untuk produknya.

Vinfast VF7 dipamerkan di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Rabu (21/2/2024). (ANTARA/Pamela Sakina)


Masa depan industri otomotif Tanah Air

Pada hari pertama IIMS 2024, Kamis (15/2) lalu, Presiden Joko Widodo menyempatkan diri untuk membuka langsung gelaran tersebut, sekaligus melihat langsung ragam kendaraan yang dipamerkan, utamanya kendaraan listrik.

Jokowi mengemukakan kendaraan bertenaga listrik merupakan masa depan bagi industri otomotif Indonesia, sebab Indonesia memiliki pasokan bahan baku pendukung produksi yang melimpah, yakni nikel.

Baca juga: Alasan mengapa perkembangan motor listrik tak selaris mobil listrik

"Saya melihat baik dan banyak yang dipamerkan mobil-mobil listrik. Saya kira ini memang masa depan otomotif Indonesia itu ada di mobil listrik, karena kita memiliki bahan baku nikel dan lainnya," katanya.

Dalam kesempatan itu, Jokowi menyambangi sejumlah booth perusahaan otomotif nasional dan mancanegara, salah satunya merek asal Vietnam, Vinfast, hingga perusahaan otomotif Tiongkok, Chery.

Presiden Jokowi juga menyampaikan hingga saat ini belum ada rencana pemerintah untuk kembali menambah insentif bagi kendaraan listrik, sejak diterbitkannya aturan tersebut pada 3 April 2023.

Namun pemerintah berkomitmen mendorong pengurangan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) bagi produk kendaraan listrik, kata Jokowi menambahkan.

Tujuannya, kata Jokowi, agar semua produk otomotif bertenaga listrik dapat berproduksi di Indonesia.

"Saya kira ini akan mendorong penjualan dan nanti akan mendorong produksi pabrik electric vehicle yang ada di Indonesia. Saya kira arahnya ke sana dan nanti kita bisa bersaing dengan negara negara lain, kalau semua local content sudah, baterainya sudah, saya kira kita lihat nanti kita akan bisa bersaing dengan negara lain," ujarnya.

Baca juga: Baru 6 hari mejeng di IIMS, SPK Omoda E5 tembus 300 lebih

Baca juga: Chery umumkan harga Tiggo 5x mulai Rp249 juta, khusus di IIMS 2024

Baca juga: Hyundai jamin ganti mobil baru bila rusak, cek syaratnya

Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024