Jakarta (ANTARA) - PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan serangkaian pembaharuan untuk edisi terbaru dari keluarga Creta yakni Alpha, yang dipamerkan pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024.

Pada kesempatab itu President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cha mengatakan bahwa sebagai salah satu pihak yang menjadi pembawa perubahan dalam dunia otomotif, Hyundai berkomitmen untuk terus berinovasi dalam menghadirkan lini produk unggulan yang mampu memenuhi kebutuhan masyarakat.

Baca juga: Hyundai kantongi ribuan pesanan dari IIMS 2023

“Komitmen tersebut kini kami wujudkan dengan menghadirkan edisi terbaru Hyundai Creta, yakni Creta Alpha, yang menawarkan pilihan warna matte yang tentunya dilengkapi desain modern dan fitur-fitur canggih untuk memberikan pengalaman berkendara penuh gaya,” kata Woojune Cha saat peluncuran Hyundai Creta Alpha beberapa waktu yang lalu di JIEXPO, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Pada ajang IIMS 2024, PT HMID memberi kesempatan kepada ANTARA untuk merasakan berbagai kenyamanan dan juga keamanan yang tertuang dalam mobil tersebut setelah resmi meluncur di IIMS 2024 lalu.

Pembaharuan yang diberikan oleh Hyundai untuk Alpha ini memang tidak terlalu loyal. Meski begitu, penanaman komponen yang tidak ada pada varian sebelumnya membuat kendaraan SUV ini makin terlihat gagah dan stylish.

Hyundai Creta Alpha merupakan varian tertinggi di keluarga Creta, hal tersebut dikarenakan mobil ini telah diasupi dengan berbagai komponen dan juga warna yang hanya bisa didapatkan di varian tertinggi ini.

Warna yang membuat pemiliknya lebih percaya diri ini, hadir dalam balutan matte yang menjadi pembeda dengan varian yang lain. Creta Alpha juga hadir dengan Seat Stitch and Pipping, Door Trim Stitch, Shift Knob Stitch, dan Steering Stitch berwarna merah yang stand out dan memberikan kesan dinamis.

Baca juga: Stargazer dan Creta dongkrak penjualan Hyundai hingga 40 persen

Baca juga: Bekal Mitsubishi The New SUV lawan Hyundai Creta di pasar Indonesia

Tampilan premium semakin dipertegas oleh varian Alpha ini melalui hadirnya fitur Door Spot Lamp with Creta Alpha Logo yang unik. Sehingga, para pemilik merasa lebih percaya diri ketika menggunakan kendaraan ini, terlebih saat pintu tersebut dibuka dalam kondisi minim cahaya.

Masih dari bagian luar, citra mengesankan dari mobil ini masih terpancar berkat jeniusnya insinyur Hyundai yang membenamkan LED Multi Focus Reflector (MFR) Headlamps pada bagian depan dan LED Rear Combination Lights pada bagian belakang yang membuat kendaraan ini tampil lebih elegan untuk sisi pencahayaan.

Hyundai Creta Alpha yang meluncur di IIMS 2024. (ANTARA/Chairul Rohman)


Tidak hanya mempertegas kesan elegan, premium dan mewah, mobil yang masuk dalam segmen SUV ini juga menghadirkan kesan sporty melalui hadirnya velg Single Tone Black Alloy Wheels berukuran 17 inci yang kokoh.

Meski begitu, varian tertinggi ini tidak meninggalkan komponen yang menjadi ciri khas pendahulunya seperti Black Front Grille yang dilengkapi lampu Parametric Jewel Hidden-Type DRL, Black Front Grille Garnish, dan Dark Monochrome Front H-emblem.

Fitur keselamatan aktif

Untuk menjaga penggunanya tetap aman saat mengendarai mobil ini, Hyundai memberikan fitur canggih seperti Hyundai SmartSense yang sangat bermanfaat untuk berkendara di jalan-jalan Indonesia yang cukup padat.

Baca juga: Hyundai ganti Creta konsumen yang rusak parah dengan unit baru

Fitur keselamatan pintar dari Hyundai ini meliputi Forward Collision-Avoidance Assist (FCA) yang sangat sigap untuk memberikan informasi bahaya jika terindikasi terjadinya bahaya tabrakan di depan.

Fitur lainnya adalah peringatan bahwa di area blind spot, yang sangat berguna saat pengendara ingin memarkirkan kendaraannya dengan kondisi paralel melalui fitur Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA).

Fitur lainnya yang sangat berguna untuk membantu pengemudi tetap waspada dan fokus saat berkendara adalah Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA). Fitur ini dengan sigap membantu pengendara mendeteksi objek atau kendaraan lain yang mendekat ketika mobil akan melaju mundur.

Tidak cukup sampai di situ, limpahan ragam fitur keselamatan lainnya juga hadir dalam Lane Following Assist (LFA). Fitur yang juga turut membantu konsentrasi pengendara ini berguna agar tidak keluar pada jalur yang dipadukan dengan Lane Keeping Assist (LKA) yang memberi peringatan ketika kendaraan melenceng dari jalur yang seharusnya.

Ketika mengendarai mobil terbaru ini mulai dari JIEXPO hingga kawasan Ancol, Jakarta Utara, ANTARA juga turut mencoba fitur-fitur ini. Fitur yang cukup sigap ini memberikan rasa aman dalam berkendara yang cukup optimal, karena adanya peringatan akan keadaan yang membahayakan baik untuk pengendara dan penumpang, maupun pengguna jalan lainnya.

Selain itu, fitur lain yang juga turut disematkan dalam mobil ini adalah Driver Attention Warning (DAW) yang mampu menilai dan menganalisa cara mengemudi pengguna, dan Safe Exit Warning (SEW) untuk memonitor area blind spot agar penumpang bisa turun dengan lebih aman.

Hyundai Creta Alpha yang meluncur di IIMS 2024. (ANTARA/Chairul Rohman)


Sensasi berkendara

Ketika mengendarai kendaraan ini, ANTARA tidak terlalu canggung untuk membawa mobil in bermanuver. Dengan berbagai fasilitas fitur keselamatan yang disematkan untuk kendaraan ini, membuat tingkat kepercayaan diri dalam mengendarai mobil ini menjadi semakin bertumbuh.

Baca juga: Dukung fitur keselamatan, Hyundai Bluelink akan kerja sama dengan RS

Meski begitu, saat mengendarai mobil ini tetap mengedepankan sisi keselamatan untuk penumpang dan juga pengguna jalan lainnya dengan mematuhi aturan lalu lintas yang sudah diterapkan.

Untuk urusan tenaga, mobil ini masih menggunakan fasilitas yang sama dengan yang dimiliki oleh varian Prime yang mengusung mesin Smartstream 1.5L yang dilengkapi Intelligent Variable Transmission (IVT) terdepan.

Jadi, mobil mampu memaksimalkan efisiensi bahan bakar dan memberikan pengalaman berkendara yang lebih mulus dan responsif. Creta Alpha pun dapat mencapai tenaga maksimum hingga 115 ps/6.300 rpm dengan torsi maksimum hingga 143,8 Nm/4.500 rpm.

Di lain sisi, pabrikan otomotif asal Korea Selatan ini juga turut menghadirkan berbagai pengalaman mengesankan melalui program  "Hyundai Hadir Untukmu: Hyundai Jaga, Hyundai Jamin" bagi pengunjung yang melakukan pembelian Hyundai Cret Alpha.

Dengan berbagai fasilitas dan program menarik yang disuguhkan untuk kendaraan ini, Hyundai Creta Alpha di Indonesia dibanderol dengan harga Rp421.800,000,- (On-the-road Jakarta).

Untuk varian tertinggi Prime, Hyundai Indonesia membanderolnya dengan harga Rp416.8000.000 untuk tipe 1.5 Single Tone IVT dan tambahan Rp3.000.000 untuk Prime 1.5 Dual Tone.

Baca juga: ALVA bawa pulang dua kategori di IIMS 2024

Baca juga: Ragam pilihan motor listrik dengan harga terjangkau

Baca juga: IIMS 2024 bukukan transaksi Rp3,1 triliun dalam sembilan hari

Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024