Jakarta (ANTARA) - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) melalui subholding PT Indonesia Comnets Plus (PLN Icon Plus) menyiagakan infrastruktur pendukung kendaraan listrik berupa Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) untuk membantu kelancaran pergerakan pada masa arus mudik Lebaran.

"SPKLU disiapkan umumnya di lokasi-lokasi rest area yang siap membantu pemudik yang menggunakan kendaraan listrik," kata Direktur Utama PLN Icon Plus Ari Rahmat Indra Cahyadi di Jakarta, Jumat.

Ari mengatakan, saat ini pihaknya mengelola lebih dari 600 SPKLU yang dibangun oleh PLN untuk mendukung penggunaan kendaraan listrik bagi masyarakat Indonesia.

Baca juga: Pengamat otomotif apresiasi PLN akselerasi ekosistem kendaraan listrik

Baca juga: Dukung percepatan kendaraan listrik, PLN Jakarta tambah 43 SPKLU


Sementara itu, hingga akhir tahun 2023, telah ada sebanyak 1.081 unit SPKLU yang beroperasi, baik milik PLN maupun mitra dan swasta.

Dari total SPKLU yang ada, tercatat konsumsi listrik yang diserap oleh EV sepanjang tahun 2023 mengalami peningkatan signifikan.

Adapun peningkatannya hampir enam kali lipat mencapai 2.464.825 kilowatt hour (kWh) dibanding tahun 2022 sebesar 436.656 kWh.

Ia mengatakan, SPKLU tersebut dijamin keandalannya melalui sistem pemantau internal yang beroperasi non stop selama 24 jam sehari untuk memastikan dapat digunakan apabila dibutuhkan.

Menurut dia, setiap SPKLU memiliki sistem yang dapat memberikan pemberitahuan jika terjadi kerusakan sehingga dapat segera dilakukan perbaikan.

Hal tersebut merupakan salah satu upaya dalam mengembangkan ekosistem kendaraan listrik sebagai langkah penting dalam mendukung transformasi energi yang lebih bersih dan berkelanjutan di Indonesia.

"Kalau ada yang bermasalah maka langsung dikirimkan tim untuk memperbaiki. Jika di monitor ditemui masalah konektivitas maka langsung diperbaiki oleh personel yang siaga 24 jam di pusat kendali PLN Icon Plus," ujarnya.

Lebih lanjut Ari menyampaikan, PLN berkomitmen untuk melakukan percepatan penggunaan kendaraan listrik di Indonesia melalui pemanfaatan kendaraan operasional berbasis listrik secara bertahap.

Yang terbaru, PLN Icon Plus menjalin kerja sama dengan pabrikan otomotif asal China yakni PT Build Your Dream (BYD) Motor Indonesia dalam menyediakan sebanyak 10.000 unit Electric Vehicle (EV) BYD dalam jangka waktu lima tahun, salah satunya digunakan sebagai kendaraan operasional di lingkungan PLN.

Selain itu, PLN Icon Plus berupaya agar penggunaan aplikasi PLN Mobile sebagai platform digital dapat digunakan seluas-luasnya untuk pengembangan ekosistem kendaraan listrik.

Selanjutnya, kedua perusahaan juga memungkinkan pengembangan infrastruktur pengisi daya kendaraan listrik.

"Tentunya kami punya amanah sebagai pemimpin transisi energi di Indonesia. PLN terus mengimplementasikan gaya hidup menuju energi bersih melalui kendaraan listrik di seluruh lini bisnis," katanya.

Baca juga: PLN jadikan tiang listrik sebagai tempat pengisian daya mobil listrik

Baca juga: PLN telah bangun 624 SPKLU dukung ekosistem kendaraan listrik

Baca juga: PLN dukung transisi energi melalui infrastruktur kendaraan listrik



 
Pewarta:
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024