Jakarta (ANTARA) - Toyota Motor berencana mulai memproduksi kendaraan listrik di Amerika Serikat pada tahun 2025, dengan memperhatikan pertumbuhan pasar untuk mobil ramah lingkungan di tengah peraturan lingkungan yang lebih ketat, menurut seorang sumber kepada Kyodo, Rabu. 

Langkah produsen mobil Jepang itu muncul ketika undang-undang AS yang diberlakukan tahun lalu, memberi insentif penggunaan teknologi hijau mengharuskan perakitan akhir kendaraan listrik dilakukan di Amerika Utara agar memenuhi syarat untuk kredit pajak.

Baca juga: Toyota tarik 22.965 unit mobil impor Lexus di China

Toyota, yang menargetkan penjualan 3,5 juta unit kendaraan listrik di seluruh dunia pada 2030, juga mempertimbangkan untuk memproduksi kendaraan di Eropa.

Produksi kendaraan listrik di Amerika Serikat yang kemungkinan model SUV diperkirakan akan dimulai antara 2025 dan 2026 di pabrik manufaktur utama di negara bagian selatan Kentucky, menurut sumber tersebut.

Toyota, bersama dengan perusahaan perdagangan Toyota Tsusho Corp., juga berencana untuk membangun pabrik baterai otomotif di dekat North Carolina, dengan operasi dijadwalkan akan dimulai pada tahun 2025.

Toyota meluncurkan kendaraan listrik produksi massal pertamanya yang dikenal sebagai bZ4X pada Mei tahun lalu. Mobil tersebut diproduksi di Jepang dan China.

Baca juga: Toyota dan Suzuki garap mobil sport kecil bermesin 1.0 liter
Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023