Jakarta (ANTARA) - Lexus resmi meluncurkan The All New Lexus RX yang kian lengkap dengan beragam pilihan powertrain mulai dari Plug-In Hybrid Electric Vehicle (PHEV) dan Hybrid Electric Vehicle (HEV) untuk konsumen di Indonesia.

"Dengan hadirnya The All New Lexus RX yang kini dilengkapi dengan pilihan powertrain, menandai komitmen Lexus sebagai Luxury Automotive Brand dengan The Most Complete Electrified Line-up, yang memiliki berbagai pilihan kendaraan elektrifikasi mulai dari Hybrid Electric Vehicle, Plug-in Hybrid Electric Vehicle, hingga Battery Electric Vehicle," kata General Manager Lexus Indonesia Bansar Maduma pada saat peluncuran The All New Lexus RX di Jakarta, Selasa.

Bansar Maduma menambahkan bahwa meeka ingin senantiasa memberikan pilihan teknologi elektrifikasi kepada pecinta Lexus yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidupnya.

"Kami harap beragamnya pilihan kendaraan elektrifikasi yang Lexus tawarkan ini dapat memenuhi gaya hidup Lexus Enthusiasts di Indonesia," kata dia.

Lexus Indonesia menghadirkan kendaraan dari segmen PHEV, melalui produk RX 450h+ Luxury. Kendaraan premium ramah lingkungan ini menggendong mesin 2.5L 4-silinder Plug-In Hybrid Electric.

Dengan menggendong mesin tersebut, mobil itu memiliki tenaga sebesar 304 Hp dengan transmisi Hybrid Transaxle CVT yang digabungkan dengan baterai lithium-ion berdaya 18,1 kWh, mendukung kinerja motor listrik di roda depan dan belakang untuk menciptakan sistem AWD (E-Four) yang tangguh dan efisien.

Lexus Indonesia mengklaim bahwa mobil Lexus RX 450h+ Luxury memiliki jarak tempuh penuh EV tanpa bantuan motor bakar sekitar 60-70 kilometer. Konsumen  bisa merasakan elektrik penuh jika jarak tempuh di bawah 70 kilometer.

"Kalau jarak tempuh kantor itu 50 kilometer pulang-pergi, maka pengguna merasakan kendaraan itu sebagai kendaraan EV," kata Bansar.

Baca juga: Alasan Lexus belum pasarkan varian All New NX PHEV di Indonesia

Berbeda dengan kendaraan elektrik yang memiliki pengisian cukup lama, pada kendaraan premium dari Lexus ini, pemilik cukup membutuhkan waktu pengisian hanya dengan 2,5 – 3 jam hingga baterai penuh 100 persen melalui AC Wall Charger yang sudah disediakan oleh produsen. Mereka juga menyediakan pengisi daya portabel yang memudahkan pelanggan melakukan isi ulang baterai di stop kontak pada umumnya.

Untuk varian lainnya, yakni RX 350h Luxury dan RX 350 Luxury, mobil itu hadir dengan menggunakan mesin yang tidak jauh berbeda. Mobil itu menurut catatan yang diberikan oleh Lexus Indonesia dapat memuntahkan tenaga hingga 247 Hp dan berpenggerak FWD yang akan memberikan mobilitas yang seimbang antara efisiensi dan kenyamanan berkendara.

Sementara powertrain Gasoline pada RX generasi kelima ini hadir dengan tenaga yang lebih kuat dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Lexus RX 350 Luxury memiliki mobil 2.4L 4-silinder turbocharged yang mampu menghasilkan tenaga 275 Hp dengan penggerak roda depan (FWD) dan disalurkan melalui transmisi otomatis 8-speedDirect Shift.
Lexus RX350+ Luxury. (ANTARA/Chairul Rohman)


Desain
Mobil premium yang memiliki harga mulai dari Rp1.6 miliar itu hadir dengan mengusung konsep desain yang baru berkat keahlian Lexus Takumi yang legendaris. Melahirkan mahakarya baru yang melampaui ekspektasi, The All New Lexus RX hadir dengan Limitless Design, Lexus Driving Signature, dan Human Centered Technology.

Pada tampilan luarnya, mobil ini mengedepankan desain gril yang mengadopsi Limitless Grille Design, di mana bodi dan gril menyatu sehingga menciptakan identitas autentik baru Lexus yaitu Spindle Body.

Tidak hanya itu saja, The All New Lexus RX juga sudah semakin modern berkat telah disematkannya 3-LED headlight with Adaptive High-Beam System (AHS) yang kini hadir dalam corak warna hitam.

The All New Lexus RX memiliki Limitless L-Shaped Light Bar di bagian belakang, dan Unified Lexus Logo yang menciptakan tampilan yang lebih mudah dikenali dan modern.

The All New Lexus RX kini sudah menggunakan platform GA-K yang menyempurnakan beberapa elemen seperti low center of gravity, weight reduction dan body rigidity sehingga menghasilkan pengalaman berkendara dengan pengendalian yang lebih stabil sesuai dengan intensi pengemudi.

Pada bagian dalam, mobil dengan harga yang tidak murah itu dilengkapi berbagai teknologi terkini dan juga kenyamanan bagi pengemudi dan juga penumpang di dalamnya.

Hal itu dituangkan dengan hadirnya Human Centered Technology terlihat melalui konsep Tazuna Cockpit atau Driving-focused cockpit yang memiliki tiga poin keunggulan yaitu Eyes on the Road, Hands on the Wheel, dan Intuitive Interface sehingga memberikan kemudahan pengemudi untuk tetap fokus saat berkendara.

Baca juga: Lexus Indonesia buka virtual gallery pertama di Asia Tenggara

Selain itu, kenyamanan lainnya juga datang dari Mark Levinson Sound System 21-speaker, Electric Reclining Rear Seats, Multi-color Ambient Illumination, dan 14-inch Touch Screen Multimedia Display yang terbesar dikelasnya.

Untuk bersaing di pasar premium, Lexus sudah menyiapkan berbagai fitur dukungan lainnya seperti E-Latch yang dapat memudahkan pengguna membuka dan
menutup pintu, serta fitur keamanan Lexus Safety System+ generasi ketiga (LSS+ 3.0) dengan tambahan fitur Safe Exit Assist, yaitu fitur yang dapat mencegah pengguna membuka pintu jika lalu lintas sekitar tidak aman.

Selain itu, seluruh varian The All New Lexus RX juga sudah dilengkapi dengan asisten berbasis kecerdasan buatan dengan sistem perintah suara, Apple Carplay nirkabel, Android Auto dengan kabel, HUD, dan pengisi daya nirkabel.

"The All New Lexus RX merupakan line-up yang sangat spesial bagi Lexus karena RX generasi kelima ini hadir dengan pilihan powertrain paling lengkap, baik di line-up mobil Lexus Indonesia maupun di segmen Luxury Medium," tega dia.

The All New Lexus RX hadir dengan kisaran harga mulai dari Rp1,65 miliar untuk varian Gasoline, Hybrid RX350+ Luxury Rp1.7 miliar dan Lexus RX450+ Luxury Rp1.87 miliar, semua berstatus on the road.

Baca juga: Toyota pacu permintaan dan edukasi mobil terelektrifikasi di Indonesia

Baca juga: Mobil hybrid Toyota tawarkan pengalaman berkendara tiada duanya

Baca juga: Deretan kendaraan listrik dan "hybrid" yang diproduksi di Indonesia


 
Pewarta:
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023