Jakarta (ANTARA) - Presiden mendatang Toyota Motor Corp. Koji Sato mengatakan bahwa perusahaan akan mengembangkan kendaraan listrik generasi berikutnya pada 2026 sebagai upaya nyata untuk mengejar ketinggalan dengan saingan di luar negeri.

Kendaraan listrik baru akan didasarkan pada merek Lexus kelas atas terlebih dahulu, dengan rencana untuk meluncurkan versi semua-listrik dari kendaraan lain akan dilakukan setelahnya, kata Sato dalam konferensi pers online yang dilansir dari Kyodo, Senin (13/2).

"Kami sedang bersiap membuat kendaraan listrik baterai yang sesuai dengan Toyota dan Lexus," kata Sato seraya mengatakan bahwa waktunya akhirnya tiba.

Toyota, pengembang Prius, kendaraan penumpang hybrid pertama yang diproduksi secara massal di dunia, telah lama dipandang enggan untuk bergerak maju dengan peralihan menuju mobil serba listrik.

Perusahaan telah mengatakan pengurangan karbon harus dilakukan sesuai dengan kebutuhan masing-masing negara, mencatat bahwa mobil hybrid bisa menjadi solusi yang lebih baik di daerah di mana peralatan pengisian daya masih langka, atau terdapat ketergantungan yang tinggi pada bahan bakar fosil.

Namun dalam menghadapi peraturan lingkungan yang semakin ketat dan munculnya saingan baru, seperti Tesla, pembuat mobil Jepang tersebut secara bertahap meningkatkan upaya kendaraan listrik dalam beberapa tahun terakhir, menetapkan tujuan untuk menjual 3,5 juta kendaraan listrik pada 2030.

Sato pun mengatakan strategi Toyota untuk menawarkan banyak pilihan kepada pelanggan tidak berubah. Dia menekankan perusahaan akan lebih serius membuat mobil serba listrik.

"Kebutuhan kendaraan listrik baterai sangat tinggi di negara tempat bisnis Lexus beroperasi," kata Sato.

"Lexus akan memimpin upaya kendaraan listrik baterai kami, tapi ini bukan hanya masalah yang menjadi perhatian Lexus," tambah dia.

Toyota pada bulan lalu mengumumkan akan mempromosikan Sato, kepala operasi merek grup mobil Lexus, menjadi presiden efektif 1 April, menggantikan presiden saat ini Akio Toyoda, yang akan menjadi ketua.

Baca juga: Toyota kerahkan 143 mobil listrik Lexus UX-300e dukung KTT G20

Baca juga: Alasan Toyota hadirkan EV dari merek Lexus terlebih dahulu

Baca juga: All-New RZ, BEV murni pertama Lexus untuk pasar global
Pewarta:
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2023