Jakarta (ANTARA) - PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) pada ajang Indonesia Motorcycle Show (IMOS) meluncurkan skuter premium XMAX Connected untuk pasar Indonesia.

Setelah diluncurkan di pasar Indonesia, ANTARA dan beberapa insan media nasional mendapat kesempatan untuk menguji ketangguhan dan juga kenyamanan dari keluarga Maxi ini untuk berkeliling Pulau Dewata selama tiga hari.

"Untuk menjawab rasa penasaran itu, hari ini Yamaha Indonesia mengajak para awak media nasional dan komunitas XMAX untuk bisa merasakan langsung berbagai keunggulan yang dimiliki oleh motor," kata Asst. General Manager Marketing – Public Relation, PT Yamaha Indonesia Motor Mfg, Antonius Widiantoro, di Bali, beberapa waktu lalu.

Selama tiga hari perjalan di Bali, dari 21-23 Desember 2022, jarak yang ditempuh secara keseluruhan mencapai 230 KM. Perjalanan dimulai dari Yamaha Flagship Shop Bali dan langsung bertolak menuju daerah Ubud yang menjadi titik pertama pemberhentian untuk menikmati asrinya daerah perdesaan serta sejuknya air terjun Tegenungan.

"Pulau Bali kami pilih menjadi lokasi berlangsungnya acara karena memiliki banyak sekali tempat-tempat indah yang sangat cocok untuk aktivitas leisure ride. Hal ini selaras dengan karakter para pengguna XMAX yang mayoritas dari mereka merupakan para pehobi touring yang sangat mengapresiasi nilai-nilai gaya hidup di level tertinggi," ucap dia.
Yamaha XMAX Connected (ANTARA/Ho/Yamaha Indonesia)

Perjalanan kemudian dilanjutkan menuju wilayah dataran tinggi Kintamani yang menyuguhkan jalanan menanjak dan berkelok, serta pemandangan indah berupa bangunan Pura Segara Ulun, lengkap dengan hamparan danau dan gunung yang berada di sekelilingnya.

Pada hari kedua, kegiatan eksplorasi mengarah ke wilayah selatan Pulau Bali untuk menyambangi pantai-pantai yang ikonik, salah satunya adalah Pantai Melasti di wilayah Pecatu, yang populer akan jalurnya yang membelah tebing dan menjadi salah satu spot terbaik untuk menikmati sunset.

Tidak puas sampai di situ, esok harinya meluncur ke daerah wisata terkenal lainnya di Bali, seperti Karang Boma di Uluwatu yang juga turut dilewati oleh para peserta rombongan touring.

Beragamnya karakter jalur dan medan yang ditempuh selama perjalanan mengeksplorasi keindahan alam Bali, ternyata sukses memberikan pengalaman uji kendara XMAX Connected yang lebih optimal bagi para peserta touring.

Sepanjang perjalanan ini, para peserta disuguhi jalur berbeda-beda, seperti menanjak, menurun, berbatu, hingga melintasi berbagai genangan air karena Bali, saat itu didera hujan yang cukup lebat dan membuat perjalan semakin menantang.


Fitur navigasi

Dengan berbagai keunggulan yang ada pada Yamaha XMAX Connected, semua perjalan tersebut bisa dilalui dengan mudah. Terlebih, berkat hadirnya fitur navigasi yang semakin memudahkan pengendara yang tertinggal dengan rombongan, ketika memasuki wilayah Ubud. Saat itu Ubud lumayan padat dengan kendaraan.

Dengan fitur tersebut, pengendara tidak perlu khawatir kehilangan arah. Fitur yang sudah tersambung dengan aplikasi Garmin Cross itu membuat perjalan semakin mudah untuk melihat peta yang akan dilalui.

Meski begitu, terdapat beberapa langkah yang harus dilakukan oleh pengendara untuk bisa menggunakan fitur tersebut. Langkah utama yang harus dilakukan adalah mengunduh aplikasi Garmin Street Cross yang sudah tersedia secara gratis di Play Store maupun Appstore.
Yamaha XMAX Connected (ANTARA/Ho/Yamaha Indonesia)

Selain itu, pengendara Yamaha XMAX Connected juga dianjurkan untuk mengunduh peta Asia Tenggara atau Southeast Asia, agar bisa terhubung dengan peta yang ada di Indonesia.

Setelah semua langkah di atas sudah dilakukan, pengguna harus menghubungkannya dengan kendaraan melalui koneksi bluetooth dan juga aplikasi bawaan dari Yamaha, yakni Y Connect.

Jika langkah itu semua sudah dilakukan, pengendara hanya perlu memasukkan lokasi tujuan dan akan secara otomatis navigasi tersebut muncul pada layar TFT yang ada di Yamaha XMAX Connected.


Impresi berkendara

Menggunakan motor dengan tenaga besar memiliki rasa berbeda dan juga menyenangkan, baik berkendara dalam kota maupun di perdesaan, dengan jalan yang berliku.

Pada kesempatan ini, mengeksplor Pulau Bali dengan jarak hingga 230 KM, ANTARA merasakan impresi berkendara yang menyenangkan berkat tenaga yang dihasilkan dari mesin BLUE CORE, dengan kapasitas 250 CC, yang dilengkapi dengan Liquid Cooled, SOHC, 4 Valves.

Mesin itu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 16,8kW / 7.000 RPM dan torsi maksimal sebesar 24,3 Nm / 5.500 RPM, sehingga menyajikan akselerasi yang lebih baik ketika berkendara.

Yamaha memang tidak memberi perubahan pada fitur keselamatannya, yakni fitur Traction Control System (TCS) yang mampu meminimalisir terjadinya ban kehilangan traksi ketika sedang berakselerasi di permukaan jalan yang licin.

Selain itu terdapat pula sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) yang mencegah roda ban terkunci ketika pengendara melakukan pengereman secara mendadak (hard braking).
Yamaha XMAX Connected (ANTARA/Ho/Yamaha Indonesia)

Meski begitu, fitur tersebut mampu memberikan rasa yang nyaman dan juga tenang ketika pengguna hendak berakselerasi pada jalanan lurus maupun tikungan yang tajam.

Meski begitu, terdapat beberapa catatan yang harus diperbaiki, mulai dari soket USB yang masih harus menggunakan adaptor tambahan agar bisa melakukan pengisian ulang smartphone dan juga tombol lampu sein yang terlalu di pojok dan berdekatan dengan tombol pengaturan menu pada layar XMAX Connected yang membuat pengendara kadang terkecoh.

Yamaha XMAX Connected saat ini telah tersedia di seluruh dealer resmi Yamaha dan hadir dalam 4 varian warna, yaitu Dark Petrol, Luxury Red, Premium Black dan juga Prestige Grey dengan harga Rp66 juta OTR di Jakarta.

 
Pewarta:
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2022