Jakarta (ANTARA) - Nissan Motor Co mengatakan pada Kamis (17/2) akan menginvestasikan 500 juta dollar AS untuk memperlengkapi kembali pabrik perakitan Amerika Serikat di dekat Canton, Mississippi, untuk membangun dua kendaraan listrik baru.

Seorang eksekutif tinggi juga mengatakan produsen mobil tersebut sedang mencari lokasi di AS untuk membangun pabrik baterai, demikian dikutip Reuters, Jumat.

Nissan mengatakan bahwa pihaknya berencana merakit kendaraan listrik untuk merek Nissan dan Infiniti di Mississippi mulai tahun 2025.

Produsen mobil tersebut mengatakan bahwa pihaknya bertujuan agar kendaraan listrik mencapai 40 persen dari penjualannya di AS pada tahun 2030. Nissan telah menguraikan rencana untuk menginvestasikan 18 miliar dollar AS untuk ekspansi armada kendaraan listrik globalnya hingga 2030.

"Kami sedang menyelidiki lokasi yang tepat dan waktu yang tepat untuk membangun pabrik baterai AS", kata Chief Operating Officer Nissan Ashwani Gupta dalam sebuah wawancara. "Seharusnya segera," tambah dia.

Nissan mengoperasikan dua jalur perakitan di Canton, satu membangun truk ringan termasuk Nissan Frontier dan yang lainnya merakit sedan ukuran sedang Altima.

Gupta mengatakan jalur perakitan Altima akan didesain ulang untuk membangun kendaraan listrik dan mobil bermesin pembakaran.

Ruang tambahan di pabrik Canton akan digunakan kembali untuk perakitan unit baterai dan operasi lainnya karena Nissan membidik integrasi vertikal yang lebih banyak.

Kompleks Canton yang berusia 19 tahun mempekerjakan 5.000 orang. Nissan mengatakan akan melatih kembali 2.000 pekerja sebagai bagian dari investasi baru.

Model yang diusulkan akan memiliki arsitektur ringan baru yang dirancang untuk powertrain baterai-listrik, dan teknologi mengemudi otonom, kata Gupta.

"Sejumlah besar waktu dan uang (akan) dihabiskan untuk meningkatkan keterampilan tenaga kerja," katanya.

Produsen mobil itu mengatakan investasi di Mississippi adalah salah satu dari beberapa yang direncanakan selama lima tahun ke depan untuk memperluas produksi kendaraan listrik di Amerika Serikat.

Operasi Nissan di Meksiko juga harus menerima investasi baru terkait kendaraan listrik, kata Gupta. "Jelas, Meksiko akan menjadi bagian dari itu," ucap dia.

Nissan berinvestasi karena melihat pasar menjadi siap untuk kendaraan listrik, katanya.

Nissan telah menguraikan rencana untuk mengirimkan 23 kendaraan listrik baru secara global pada tahun 2030, termasuk 15 model listrik baterai.

Nissan membangun kendaraan listrik Leaf yang ringkas di kompleksnya di Smyrna, Tennessee, yang mendapatkan motor listrik dari pabrik Nissan di Decherd, Tennessee.

The Leaf, diluncurkan pada 2010, menempatkan Nissan di garis depan produsen mobil mapan di pasar kendaraan listrik yang sedang berkembang.

Tetapi Leaf, dengan jangkauan 226 mil (364 km), telah dikalahkan dalam penjualan oleh sedan Model 3 Tesla yang memiliki jangkauan mengemudi 358 mil per pengisian daya, menurut Badan Perlindungan Lingkungan AS.

Baca juga: Nissan berbalik untung April-Desember 2021 setelah rugi besar

Baca juga: Ini alasan Nissan akhiri pengembangan mesin bensin untuk pasar Eropa

Baca juga: Nissan akan hentikan sebagian besar pengembangan mesin bensin baru
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022