Jakarta (ANTARA) - Nissan tidak hanya mempertimbangkan Xterra baru karena perusahaan ini juga memiliki rencana untuk membuat GT-R dan Z baru.

Hal ini tidak terlalu mengejutkan dalam kasus Z karena mobil sport ini didesain ulang untuk tahun 2023, meskipun banyak kemiripan dari pendahulunya. Sedangkan untuk GT-R, ini adalah dinosaurus yang pertama tiba di Amerika Serikat (AS) untuk model tahun 2009.

Sistem peranti multimedia asteroid dilaporkan akan hadir untuk model yang terakhir, sebab, Wakil Presiden Senior dan Kepala Perencanaan Nissan Amerika Ponz Pandikuthira mengkonfirmasi bahwa produksi GT-R akan segera dihentikan, sebagaimana disiarkan laman Carscoops, Jumat (29/3).

Baca juga: Nissan siapkan GT-R edisi khusus Naomi Osaka, cuma 50 unit

Edisi T-Spec Takumi dan Skyline yang baru-baru ini diperkenalkan akan menjadi perayaan terakhir dan perusahaan sebelumnya menyatakan bahwa mereka memberikan penghormatan kepada kendaraan performa yang telah menjadi papan nama ikonik jajaran Nissan selama beberapa dekade.

Nissan GT-R NISMO (ANTARA/Nissan)

Baca juga: Nissan GT-R50 Italdesign seharga Rp17,5 miliar debut di Amerika Utara

Model ini pada akhirnya akan kembali dan Pandikuthira mengatakan bahwa model ini haruslah sebuah "GT-R yang otentik."

Dia melanjutkan dengan mengatakan bahwa hal ini mengesampingkan varian listrik sepenuhnya (BEV) karena akan membutuhkan terlalu banyak kompromi dengan teknologi saat ini.

Nissan belum menentukan sumber tenaga untuk GT-R berikutnya. Namun, mobil ini diperkirakan akan memanfaatkan wawasan dari partisipasinya di Formula E, yang dianggap sebagai "tempat uji coba" untuk generasi berikutnya dari seri populer ini.

Baca juga: Nissan akan buat GT-R paling powerful

Mengenai bentuknya, Wakil Presiden Senior Nissan untuk Desain Global, Alfonso Albaisa, mengatakan bahwa ini akan menjadi "mobil yang jelek, mobil yang mengancam". Meskipun desainnya dilaporkan belum ditetapkan, namun tampaknya akan menggabungkan beberapa isyarat gaya klasik termasuk lampu belakang quad.

Hal ini masih samar-samar, begitu pula dengan pandangan untuk generasi Z berikutnya. Beberapa sketsa awal dilaporkan telah dibuat, tetapi Albaisa menyarankan mobil sport generasi berikutnya harus lebih progresif atau menata ulang 240Z.

Mobil ini kemungkinan besar masih jauh karena Pandikuthira menyarankan V6 3.0 liter twin-turbo model saat ini seharusnya tidak memiliki masalah dalam memenuhi persyaratan emisi dalam siklus hidupnya.

Hal ini menunjukkan bahwa Z berikutnya mungkin akan menggunakan tenaga listrik, namun hanya waktu yang akan menjawabnya.

Baca juga: Nissan GTR 2014 dijual 100.590 dolar AS

 

Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024