Jakarta (ANTARA News) - Ajang tahunan lomba modifikasi sedan hatcback  Yaris Show Off kembali digelar untuk ke-5 kalinya di 10 kota besar,  guna menjaring kreativitas anak muda dalam mengekpresikan mobil "Gue Banget."

"Tahun ini kami mengusung tema  custom and creative in style.  Custom maksudnya untuk menunjukkan gaya yang gue banget tapi tetap harus kreatif," kata Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor Joko Trisanyoto, pada ajang Indonesia International Motor Show 2011 di Jakarta, Sabtu.

Selain kreatif, modifikasi Yaris, kata dian juga harus memperhatikan kualitas, serta tetap mengutamakan kenyamanan dan keamanan dikendarai.

Pada tahun ini, kata dia, YSO kembali digelar di 10 kota besar yang terbagi atas wilayah barat dan timur, yaitu Manado, Makasar, Denpasar, Yogyakarta, dan Surabaya (timur), serta Pekanbaru, Semarang, Bandung, Medan, dan Jakarta (barat).

"Masing-masing wilayah akan diambil dua pemenang untuk masuk ke final penentuan King of Yaris di Jakarta," ujarnya.

Joko mengatakan sejak kemunculan Yaris pertama kali di Indonesia pada Pebruari 2006, mobil tersebut ditujukan untuk menjawab kebutuhan kendaraan yang dapat merefleksikan jiwa anak muda.

Hadir dalam spirit "all about fun," kendaraan itu menawarkan berbagai kesenangan pemiliknya seperti "smart start/stop, entry dan steering switch"

"Sejak YSO pertama digelar pada 2007, ajang itu terus mendapat perhatian dari kalangan anak muda, yang terlihat dari naiknya jumlah peserta YSO," katanya.

Pada 2007, jumlah peserta YSO yang hanya diadakan di Jakarta itu hanya 20 unit, dan naik menjadi 40 unit pada 2008 yang diselenggarakan di Surabaya dan Jakarta.

Pada 2009 peserta YSO yang diselenggarakan di Jakarta, Surabaya, Bali, dan Medan, diikuti 50 unit yaris, dan pada 2010 diikuti 127 unit pada 10 kota.

  "Tahun ini kami memperkirakan jumlah peserta mencapai 200 unit," ujar Joko.
Ditambahkan Manajer Komunikasi TAM Anton Jimmy S, YSO kali ini akan melombakan dua kategori yaitu "fee for all"  yang modifikasinya mobilnya mencapai 4-10 jenis dan kategori "rising star" yang modifikasinya hanya 2-3 jenis.

"Kategori 'rising star' ini diperkirakan membludak, dan kami menjadikan ajang ini juga sebagai sarana edukasi bagi yang mau belajar modifikasi," katanya.

YSO ke-15 memperebutkan hadiah total Rp1,2 miliar yang antara lain terdiri dari satu unit Yaris dan kunjungan ke Tokyo Auto Saloon.
(R016)

Pewarta: Aditia Maruli Radja
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011