Journey of Innovation akan menjadi tema penampilan Toyota Indonesia dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS)  ke-19 pada 23 Juli-1 Agustus 2011 nanti. Melalui tema ini Toyota ingin menyampaikan pesan, inovasi telah menjadi kata kunci selama ini untuk mencapai tujuan utama perusahaan yaitu memperkaya mobilitas dan kehidupan masyarakat.

Toyota yakin, kepercayaan yang diperoleh dari konsumen selama ini adalah juga buah perjalanan berbagai inovasi yang telah dihasilkan. Di Toyota, proses inovasi berlangsung dalam semangat bahwa pasti ada cara atau jalan untuk menghasilkan sesuatu yang lebih baik bagi kehidupan dibandingkan dengan apa yang telah dicapai sampai hari ini.

Who believes, there is always the better way yang menjadi semangat masyarakat Toyota merupakan implementasi dua pilar utama filosofi perusahaan yaitu kaizen (continues improvement) dan respect to people.

IIMS  tahun ini memang mempunyai arti tersendiri bagi  Toyota karena bertepatan dengan rangkaian perayaan ulang tahun ke 40 tahun Toyota hadir dalam kegiatan industri otomotif nasional. Tema Journey of Innovation adalah bagian atau rangkaian dari tema 40 tahun Toyota Indonesia yaitu Journey Seeding of The Goodness.  

Pada ajang pameran kali ini Toyota akan tampil lebih utuh, tidak hanya mengikutkan produk unggulannya di segmen kendaraan penumpang, tapi juga memamerkan kehandalannya di segmen kendaraan komersial.
Areal booth juga jauh lebih luas, sekitar 2.500 meter persegi dibandingkan 2010 sekitar 1.600 meter persegi. Jumlah mobil yang akan dipamerkan pada tahun juga lebih banyak yaitu 29 unit dibandingkan tahun lalu 19 unit.

Toyota akan menampilkan sejumlah mobil konsep, passenger, dan tahun ini untuk pertama kalinya kendaraan kendaraan komersial ikut dipamerkan Toyota.

Seperti inovasi yang selalu bergerak, booth dirancang lebih dinamis dengan menempatkan rancangan atap seperti gelombang angin. Masih menggunakan bunga dandelion sebagai simbol tujuan perusahaan—menyebarkan benih kebaikan untuk memperkaya kehidupan-- setiap line-up Toyota dipajang dengan latar belakang putik bunga ini.  

“Ini melambangkan bahwa setiap line-up Toyota dikembangkan untuk meningkatkan nilai tambah bagi kehidupan orang banyak dengan segala tantangannya di setiap zaman,” kata Johnny.
Booth akan didominasi warna putih dan biru yang akan memberikan nuansa dinamis namun tetap menjaga keserasian dengan alam. 

Tidak hanya memberikan kesan lega yang menghasilkan ketentraman dan kenyamanan, warna putih sekaligus menunjukkan kemurnian dari sebuah tujuan atau cita-cita. Putih juga adalah warna yang memudahkan orang melakukan refleksi , melihat atau mengetahui capaian saat ini dalam kaitan tujuan ke depan.

Sementara itu biru adalah warna alami yang tidak lepas dari elemen air dan udara yang berasosiasi dengan alam. Melambangkan keharmonisan, warna biru menimbulkan perasaan tenang dan dingin, melahirkan perasaan sejuk, tentram, hening, dan damai, memberi kenyamanan dan perlindungan. Warna ini juga melambangkan kedalaman, merangsang kemampuan intuitif.

Inovasi memang sudah menjadi tradisi dan mendarah daging dalam budaya perusahaan. Lintasan perjalanan dari sejak awal berdiri perusahaan sampai saat ini seakan naik menapaki satu anak tangga inovasi ke anak tangga inovasi lainnya. Anak tangga ini terus dibangun untuk mencapai jenjang yang lebih tinggi di masa depan.

Today for Tomorrow, berpikir untuk masa depan dan mengambil tindakan untuk itu pada saat ini adalah salah satu prinsip inovasi Toyota. Prinsip ini diterapkan dalam dua visi kembar yaitu Zeronize dan Maximize. Keseimbangan kedua visi ini selalu dijaga.

Zeronize melambangkan visi dan filosofi upaya yang gigih dalam meminimalkan aspek negatif dari kendaraan seperti terhadap lingkungan, kemacetan lalu lintas dan kecelakaan lalu lintas. Maximize melambangkan visi dan filosofi upaya yang gigih Toyota dalam memaksimalkan aspek positif kendaraan, sebagai menyenangkan, ketenangan (peace of mind), dan kenyamanan.

Konsep pengembangan produk dan layanan Toyota bukan hanya untuk menciptakan gaya tapi memberikan nilai baru sebagai bentuk tanggung jawab terhadap kehidupan sosial, lingkungan hidup dan keselamatan. Dua elemen yang mendasarinya adalah J-Concept dan Vibrant Clarity.

Dalam J-Concept kuncinya adalah harmonisasi dari setiap elemen. Konsep ini antara lain terlihat dari technology hybrid yang kini diakui sebagai salah satu unggulan Toyota. Konsep ini  memadukan penggerak (powertrain) dengan engine berbahan bakar gasoline dengan penggerak dengan motor bertenaga listrik.
Sementara Vibrant Clarity adalah mensinergikan emotional dan rasional. Tujuannya agar setiap orang yang menggunakan mobil Toyota dapat merasa berenergi dan dinamis, namun tetap rasional dan cerdas.

Inovasi Toyota di Indonesia
Sejak mulai beroperasi secara resmi di Indonesia pada April 1971, Toyota secara penuh mendukung berbagai munculnya berbagai inovasi di sektor industri otomotif nasional. Berbagai tantangan yang lahir dari kebijakan pemerintah Indonesia dan perkembangan kebutuhan konsumen selama 40 tahun terakhir ini di negeri ini, menjadi inspirasi bagi Toyota Indonesia dalam pengembangan produk dan layanannya.

Kelahiran Toyota Kijang adalah salah satu contoh inovasi Toyota yang dinilai sangat berhasil dan memberi kontribusi besar bagi pengembangan industri motif nasional. Muncul pertamakali sebagai kendaraan basic utility vehicle, kemudian dengan berbagai inovasi Toyota Kijang berhasil menjadi kendaraan keluarga Indonesia dan berhasil masuk ke pasar ekspor.

Peluang  untuk ikut berperan dalam berbagai inovasi semakin terbuka ketika  Toyota memasukan Indonesia ke dalam proyek Innovative International Multipurpose Vehicle (Toyota IMV Project) sejak 2004. Dari sini lahirlah Toyota Kijang Generasi V atau dikenal Toyota Kijang Innova.

Melalui IMV Project ini, selain menjadi basis produksi Innova,  Indonesia juga menjadi basis produksi Fortuner dan kendaraan kolaborasi TMC dengan anak perusahaannya seperti Toyota Avanza dan Toyota Rush. Selain berhasil memenuhi pasar ekspor, mobil-mobil tampil sebagai unggulan di kelasnya.

“Inilah antara lain tujuan kami mengangkat tema Journey of Innovation dalam IIMS 2011 ini. Mendorong lahirnya berbagai inovasi dalam industri otomotif nasional,” ujar Johnny.

Kini dengan pasar  dalam negeri yang terus berkembang, peluang Indonesia untuk ikut berperan dalam berbagai inovasi Toyota semakin terbuka. Apalagi dengan adanya rencana investasi yang tengah disiapkan untuk meningkat kapasitas produksi sebesar 40 persen dari saat ini.  “Kami mengharapkan dukungan semua pihak agar Toyota Indonesia bisa berkontribusi lebih besar bagi kemajuan industri otomotif nasional,” demikian Johnny Darmawan.
(ANT)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011