Jakarta (Antara News) - Kesuksesan ajang pameran otomotif terbesar Indonesia International Motor Show IIMS 2011 tidak lepas dari peran para petugas yang bertanggung jawab atas keamanan acara tersebut sejak dibuka pada Jumat 22 Juli hingga berakhir pada 31 Juli.

"Semua pengamanan berjalan lancar, hanya ada satu kasus pencopetan dan pelakunya sudah kami serahkan ke Polsek Metro Kemayoran," kata  Andi Zaenal, Kepala Keamanan dari Garda Utama, sebuah perusahaan swasta pengamanan yang mengamankan IIMS 2011.

Dia mengemukakan kasus pencopetan ponsel anak-anak  itu terjadi pada Jumat. "Sang pelaku yang berjenis kelamin laki-laki ," katanya.

Pihak panitia melalui Garda Utama telah mengerahkan 90 petugas pengaman yang ditempatkan di tiap-tiap sudut JI Expo Kemayoran.

Pengamanan ajang IIMS, kata dia, juga dibantu dari Polisi Sektor Kemayoran, Polisi Metro Jaya dengan mengerahkan datasemen anjing pelacak (K-9) dan Komando Rayon Militer Kemayoran.

"Angka pastinya kami tidak tahu tapi petugas dari kepolisian dan TNI kira-kira 30-an," katanya kepada ANTARA News di posko keamanan IIMS pada hari terakhir IIMS, Minggu.

Pihak keamanan juga telah menempatkan beberapa kamera CCTV di beberapa pintu masuk JI Expo dan melakukan sistem sterilisasi pada pukul 08.00 WIB dan 22.00 WIB.

"Sebelum acara mulai, kami dan K-9 melakukan penyisiran di seluruh area pameran, begitupun ketika acara selesai pada malam hari," katanya.

Dia mengakui pengamanan IIMS pada tahun ini lebih diperketat dibanding tahun sebelumnya, mengingat jumlah ATPM dari partisipan yang lebih banyak. "Personel keamanan juga lebih banyak," katanya.
(adm)
Pewarta: Adam Rizallulhaq
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011