Jakarta (ANTARA News) - Menyambut Indonesia Internasional Motor Show 2011, Toyota telah menyiapkan 'Toyota 1/X', mobil konsep hibrida yang akan mewakili visi pabrikan asal Jepang itu bagi masa depan dunia otomotif.

Mobil yang disebut 'Seper-ex' itu merupakan hasil pengembangan dari Toyota Prius, kendaraan hibrida Toyota yang kini telah beredar luas di pasaran dunia. Hanya bedanya '1/X' punya bobot lebih ringan, konsumsi bahan bakar lebih irit, dan tentu inovatif.

Soal bobot misalnya, berat kosong '1/X' hanya sepertiga dari bobot kosong Prius yang mencapai 1310,1 kilogram.

Sementara jika bicara soal konsumsi bahan bakar, Toyota '1/X' meninggalkan Prius jauh di belakang.

"Konsumsi bahan bakarnya kira-kira satu liter untuk menempuh jarak 50 kilo meter," kata Joko Trisanyoto, Direktur Pemasaran Toyota Astra Motor, dalam acara 'Toyota Pra IIMS Gathering - Journey of Inovation' di Jakarta Rabu.

Sebagai informasi, Prius generasi terakhir mengkonsumsi satu liter bahan bakar untuk rata-rata jarak tempuh 25 - 30 kilo meter.

Dengan mengedepankan mobil konsep inovatif seperti '1/X', Toyota menunjukan komitmennya pada kendaraan ramah lingkungan tetapi juga menegaskan keyakinannya bahwa masa depan industri otomotif akan mengarah kepada mobil hibrida.

"Toyota meyakini bahwa mobil hibrida adalah masa depan dari dunia otomotif," tegas Joko.

Selain '1/X', TAM selaku agen pemegang merk Toyota di Indonesia juga akan menampilkan beberapa kendaraan konsep di IIMS 2011 seperti FT-86, A-BAT, dan dua konsep 'personal mobility, melalui 'Whee'.

(Ber/S026)
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011