Tokyo (ANTARA News) - Dengan tujuan untuk menyediakan sarana mobilitas semua kalangan, Toyota memamerkan sejumlah mobil konsep yang siap dipasarkan dalam waktu dekat. 

"Kami menantang ketidakmungkinan kami untuk berkontribusi kepada masyarakat dimana setiap orang bisa berpartisipasi dan menekan keterbatasan mereka secara fisik maupun sosial," kata Eksekutif Wakil Presdir Toyota Motor Corp (TMC) Didier Leroy pada pembukaan Tokyo Motor Show (TMS)  2017 di Jepang, Rabu.

Hal itu sejalan dengan inisiatif Toyota yang terinspirasi dari kemitraaannya pada ajang Olimpiade dan pertandingan paralimpik 2020 di Tokyo, dengan tagline Start Your Impossible atau diterjemahkan sebagai "awali dari hal yang anda anggap tidak mungkin".

Untuk itu Toyota memperlihatkan tiga kendaraan konsep i-series yang memungkinkan sebuah mobil bisa memahami emosi pengemudinya dan menjadikan mobil sebagai mitra bagi manusia. 

Toyota i-Walk (kiri) dan Toyota Concept-i (kanan). (ANTARA News/Risbiani Fardaniah)

Pada mobil konsep tersebut Toyota menyiapkan kendaraan untuk mobilitas pengguna kursi roda (i-Ride), mereka yang tidak kuat berjalan jarak jauh, seperti orang tua yang sudah sepuh (i-Walk), serta kendaraan yang mampu membaca emosi pengemudi dengan teknologi kecerdasan buatan (AI).

Sebagai sponsor utama olimpiade dan pertandingan paralimpik, Toyota nampak sangat serius menggarap kendaraan masa depan yang terinspirasi oleh keterbatasan mobilitas manusia akibat hambatan sosial maupun yang cacat fisik.

Leroy mengatakan Toyota ingin semua kalangan bisa melakukan dan menikmati mobilitas yang tinggi sesuai keperluan mereka, baik orang kaya, anak muda, maupun mereka yang cacat dan orang tua yang sepuh. 

"Ketika semua bisa bebas bergerak, segalanya menjadi mungkin," ujar mantan CEO Toyota Motor Europe itu.

Selain itu, Toyota juga memamerkan mobil konsep yang siap dilempar ke pasar pada tahun depan baik untuk konsumen kelas atas maupun publik di Jepang. 

Mobil konsep itu adalah kendaraan penumpang kelas atas yaitu sedan Crown generasi ke-15, sedan mewah dan ekslusif Century generasi ke-3,  crossover Tj CRUISER, dan bus berbahan bakar hidrogen (fuel cell vehicle) Sora, serta Taksi Jepang yang khusus di dedikasikan untuk menyambut Olimpiade dan Pertandingan Paralimpik di Jepang pada 2020.

Toyota Crown Concept di TMS 2017. (ANTARA News/Risbiani Fardaniah)

Crown Concept merupakan sedan mewah Toyota yang dirancang ulang dari nol dan menampilkan perpaduan antara tradisi Crown yang lahir pada 1955 dan inovasi yang mengadopsi mobilitas masyarakat generasi berikutnya.

Toyota Century generasi ketiga di TMS 2017 (ANTARA News/Risbiani Fardaniah)

Generasi ketiga Century disebut-sebut mempertahankan tradisi pengerjaan master dan monozukuri berkualitas tinggi (manufaktur menyeluruh) sekaligus ramah lingkungan dengan menyesuaikan tata letak desain sesuai kenyamanan penumpang.

Toyota Tj CRUISER di TMS 2017. (ANTARA News/Risbiani Fardaniah)

Tj CRUISER merepresentasikan keseimbangan harmonis antara van kargo luas dan desain SUV tangguh serta rancangan untuk para pengemudi dengan gaya hidup bekerja dan berpetualang.

Toyota Sora di TMS 2017. (ANTARA News/Risbiani Fardaniah)

Sora akan mengadopsi teknologi Toyota Fuel Cell System (TFCS) yang dikembangkan untuk kendaraan bertenaga fuel cell, Mirai, guna menghadirkan performa ramah lingkungan tanpa emisi gas buang karbondioksida ataupun zat berbahaya lainnya.

Toyota berencana akan mulai menjual versi produksi massal dari Sora pada 2018 dengan target menghadirkan tak kurang dari 100 unit Sora, terutama untuk area metropolitan Tokyo, Jepang, menyambut penyelenggaraan Olimpiade dan Paralimpiade 2020 di kota tersebut.
Pewarta:
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2017