Jakarta (ANTARA) - Toyota Motor Corporation (TMC) akan mengenalkan sejumlah model teknologi termutakhir mulai dari BEV Landcruiser Se hingga kendaraan luar angkasa yang rencana dipamerkan pada Japan Mobility Show (JMS) 2023 di Tokyo, Jepang.

Berdasarkan keterangan resmi diterima di Jakarta, Minggu, model konsep SUV tiga baris ikonik Toyota itu akan dikenalkan dengan menggunakan tenaga berbasis baterai atau Battery Ellectric Vehicle (BEV), yang dinamai Land Cruiser Se.

Dengan memboyong teknologi BEV, mobil yang cocok digunakan off-road itu akan memberikan kesenyapan kabin, dan juga nyaman untuk dibawa berkendara dalam kota, TMC mengklaim.

Baca juga: Toyota luncurkan Camry berdesain anyar di Jepang

Toyota Land Cruiser Se (ANTARA/HO/TMC)


Land Cruiser Se memiliki dimensi panjang 5.150 mm, lebar 1.990 mm, dan tinggi 1.705 mm, sementara jarak sumbu roda (wheelbase) mencapai 3.050 mm.

Bagian paling menarik, adalah Space Mobility. Toyota nampaknya semakin serius dalam mengembangkan teknologi kendaraan masa depan. Kali ini mereka memboyong prototipe kendaraan yang dapat digunakan di bulan dan luar angkasa lainnya.

“Kendaraan eksperimental itu ditujukan untuk memajukan pengembangan, khususnya teknologi sistem penggerak, yang bertujuan untuk menciptakan mobilitas untuk digunakan di bulan dan di luar angkasa,” tulis TMC pada keterangan tersebut.

Baca juga: Ini mobil konsep Toyota untuk mobilitas semua kalangan

Baca juga: Mantan pemimpin Toyota Tatsuro Toyoda wafat


Setiap roda dari prototipe itu dilengkapi dengan motor dan kemudinya sendiri, sebagai bagian dari spesifikasi yang sedang dikembangkan untuk memberikan berkendara yang aman dan andal, bahkan di lingkungan luar angkasa yang “keras dan tak kenal ampun”.

Bertenaga listrik dengan performa berkendara tinggi, kendaraan itu mampu menavigasi batu-batu besar setinggi 50 cm dan mendaki lereng curam dengan kemiringan 25 derajat.

“Teknologi yang diasah melalui prototipe ini akan digunakan pada kendaraan mobilitas luar angkasa seperti Lunar Cruiser,” TMC menjelaskan.

Mobil luar angkasa bertenaga listrik itu memiliki spesifikasi ukuran panjang 3.460 mm, lebar 2.175 mm, dan tinggi 1.865 mm, dengan kapasitas dua penumpang.

Lebih lanjut, pada salah satu pameran otomotif terbesar dunia yang sebelumnya bernama Tokyo Motor Show itu, TMC juga akan mengenalkan sejumlah model kendaraan dan teknologi lainnya.

Toyota EPU (ANTARA/HO/TMC)
Kokpit Toyota EPU (ANTARA/HO/TMC)


Baca juga: Toyota akan kenalkan BEV Kayoibako di JMS 2023

Baca juga: Target nol emisi, Toyota siapkan kendaraan elektrik seluruh segmen


Beberapa model tersebut adalah konsep truk pikap ukuran sedang BEV bernama EPU, sepeda lipat elektrik tiga roda Land Hopper, kursi roda elektrik JUU, hingga konsep kokpit baru yang disebut NEO Steer.

Adapun JMS 2023 akan digelar di Tokyo, Jepang, mulai 26 Oktober hingga 5 November 2023, memamerkan berbagai kendaraan konsep masa depan.

Toyota Land Hopper (ANTARA/HO/TMC)
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023