Jakarta (ANTARA) - Toyota kembali pamerkan kendaraan ramah lingkungan terbarunya untuk pasar Eropa melalui Toyota Urban SUV Concept, sebuah kendaraan konsep yang masuk ke dalam segmen crossover elektrik kompak ini mengedepankan gaya dan juga ramah dengan anggaran.

Arena Ev mengabarkan pada Senin (4/12) waktu setempat, hadirnya kendaraan konsep terbaru ini guna memenuhi komitmen Toyota yang akan menghadirkan lima kendaraan elektrik terbaru mereka di Eropa pada 2026 mendatang.

Meskipun nama "Urban SUV Concept" kurang menarik dibandingkan beberapa pesaingnya, Toyota memiliki keunggulan berkat berbagai keandalan dan juga kepraktisannya dalam menghadirkan kendaraan.

Baca juga: Hidrogen jadi alternatif kendaraan ramah lingkungan masa depan

Nantinya, mobil ini dikabarkan akan memiliki dimensi yang berukuran panjang 4.300 mm, lebar 1.820 mm, dan tinggi 1.620 mm. Urban SUV Concept ini lebih pendek dan sempit dibandingkan bZ4X.

Bersaing dengan Volvo EX30, Urban SUV Concept akan menyediakan varian entry-level yang mudah diakses serta versi jarak jauh yang lebih mahal. Namun, angka kisaran pastinya masih menjadi misteri hingga saat ini.

Urban SUV Concept akan dibangun di atas platform EV khusus, yang diharapkan dapat membantu mengoptimalkan performa dan memberikan kegembiraan kepada para penggunanya nanti.

Urban SUV Concept hanyalah salah satu bagian dari teka-teki elektrifikasi Toyota yang lebih luas di Eropa. Secara total, produsen mobil tersebut berencana untuk memiliki sekitar 15 model tanpa emisi yang tersedia di Eropa pada tahun 2026, yang mencakup jajaran kendaraan penumpang dan komersial.

Pada tahun 2026, Toyota mengantisipasi bahwa lebih dari 20 persen pengiriman tahunannya di Eropa akan terdiri dari kendaraan listrik, setara dengan lebih dari 250.000 kendaraan listrik yang terjual setiap tahunnya.

Namun, Toyota tidak berfokus hanya pada ranah elektrifikasi saja. Meskipun kendaraan listrik bertenaga baterai adalah bagian terpenting dari strategi pengurangan emisinya, perusahaan juga mengembangkan teknologi hidrogen sel bahan bakar generasi ketiga yang dijadwalkan pada tahun 2026.

Baca juga: Konsep mobil listrik terbaru Toyota hadirkan SUV kecil dan sedan

Baca juga: Toyota serahkan bantuan Sienta Welcab Disability ke RS Soeharso

Baca juga: Yaris Cross 2024 dapat opsi "hybrid" lebih bertenaga dan layar besar

Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023