Jakarta (ANTARA) - Jajaran mobil listrik sepenuhnya Battery Electric Vehicle (BEV) Toyota hanya memiliki satu model di Amerika Serikat (AS), yaitu bZ4X, tetapi, perusahaan itu ingin mengingatkan konsumen bahwa mereka sedang bekerja keras untuk memperluas jajaran bZ dalam waktu dekat.

Mobil konsep terbaru Toyota ditujukan untuk pasar Eropa, tetapi, konsep Urban SUV dan Sport Crossover yang terlihat di sini dapat mempengaruhi mobil listrik masa depan yang bisa didapatkan di AS, seperti dilaporkan Car and Driver, Selasa.

Konsep Urban SUV yang tampak besar, dengan panjang hanya 169,3 inci, kemungkinan besar terlalu kecil untuk hadir di AS dalam bentuk seperti itu. Mobil itu bahkan lebih kecil dari Corolla Cross, yang merupakan crossover terkecil yang saat ini dijual Toyota di Amerika.

Baca juga: Yaris Cross 2024 dapat opsi "hybrid" lebih bertenaga dan layar besar

Mobil SUV Urban itu dikabarka  akan segera diproduksi untuk pasar Eropa, dengan dua pilihan baterai dan penggerak depan atau penggerak empat roda (all-wheel drive/AWD).

AS kemungkinan besar akan mendapatkan Toyota bZ3X yang tampak serupa, namun, sedikit lebih besar, yang dipamerkan dalam bentuk konsep tahun lalu.

Konsep kedua, yang disebut Sport Crossover, memiliki bentuk yang lebih menarik, menempati ruang kosong antara sedan, hatchback, dan SUV. Dengan jarak sumbu roda yang panjang, bagian belakang yang melengkung, dan atap yang relatif rendah, mobil ini mengingatkan pada sedan Toyota Crown yang telah diangkat.

Konsep itu pertama kali diperlihatkan di China awal tahun ini dan merupakan bagian dari usaha kolaborasi antara Toyota dan produsen mobil China, BYD.

Mengingat Toyota sudah menjual sedan yang lebih kecil yang disebut bZ3 di China, ada kemungkinan model ini bisa disebut bZ5, tetapi, masih harus dilihat apakah Toyota akan membawanya ke AS.

Sebelumnya, Toyota sempat mengatakan bahwa mereka berencana untuk meluncurkan enam model baterai-listrik khusus untuk Eropa pada tahun 2026. Peluncuran EV di AS kemungkinan akan mengikuti jadwal yang lebih lambat dari itu.

Baca juga: Toyota uji kendaraan bertenaga hidrogen di jalan umum Australia

Baca juga: Dari hatchback, Nissan Leaf akan terlahir sebagai SUV ramping di 2026

Baca juga: Mengintip fitur unggulan mobil konsep Mitsubishi D:X

Pewarta:
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023