Jakarta (ANTARA News) - Produsen otomotif asal Amerika Serikat, Chrysler Group menggandeng PT Garasindo Inter Global sebagai agen merek (APM) Dodge di tanah air, menghadirkan new crossover utility vehicle (CUV) Dodge Journey di Indonesia International Motor Show 2011.

"Dodge Journey 2011 memposisikan diri sebagai premium CUV,  ditawarkan sebagai kendaraan multiguna dengan proporsi yang pas bagi mobil keluarga," kata petinggi PT Garasindo Inter Global, Muhammad Al Abdullah, di Jakarta, Sabtu.

Menurut dia, 60 persen pasar otomotif di Indonesia di dominasi oleh mobil jenis multi purpose vehicle dengan berbagai format, mulai dari subcompact, full size, hingga crossover.

Pihaknya sengaja meramaikan jenis mobil tersebut dengan menghadirkan pendatang baru di kelasnya yakni Dodge Journey.

ATPM untuk Chrysler, Jeep, dan Dodge di tanah air ini menghadirkan Dodge Journey 2011 dengan penyempurnaan struktur suspensi dengan kaki-kaki terpasang suspensi independent, stabilizer, dan pegas baja lentur sekaligus kuat di bagian depan.

Di bagian belakang dilengkapi dengan suspensi independent, multi link dan stabilizer bar serta pegas spiral.   "Dengan suspensi seperti ini bakal lebih maksimal menekan 'body roll' (gejala limbung)," ujar dia.

Bagian ruang kabin tersedia dengan konfigurasi 5-seater dan 7-seater, dengan ruang kaki dan kepala cukup luas tanpa mengurangi jatah volume bagasi.

Menurut dia, mobil CUV ini memiliki dimensi volume bagasi lebih besar dibanding crossover lain, dengan ruang 784 liter dalam keadaan kursi tegak, dan 1.461 liter saat kursi di baris kedua dan ke tiga terlipat.

Sentuhan mewah, menurut dia, diberikan lewat meter cluster yang atraktif dan dilengkapi "back-lit meters", sistem audio dikendalikan via setir, "head unit" terintegrasi dengan model 8,4 inchi yang menjadi fitur hiburan mulai dari radio, CD, maupun MP3.      

Dari sisi keamanan mobil, "electronic stability control" ditambah "traction control", "brake assist", "side-curtain airbags" untuk setiap baris kursi penumpang dan air bag untuk jok depan.

Tampilan istimewa terlihat dari bumper depan dan belakang, grill, lampu belakang, dan motif velg 19 inci yang dapat dipilih dalam tiga motif.

Peluncuran Dodge Journey 2011 di IIMS 2011 tidak saja dihadiri petinggi PT Garasindo Inter Global tetapi juga CEO  Chrysler Asia Pasific Operations, John Kett, yang juga Vice President Chrysler Group LLC.
(V002 )
Pewarta: Aditia Maruli Radja
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011