Jakarta (ANTARA) - Raksasa sepeda motor Jepang Yamaha akan merilis skuter listrik E01 dan E02 untuk pasar Eropa dan Asia pada tahun 2022.

Dikutip Gizmochina, Kamis, skuter listrik konsep Yamaha E01 dan E02 akan menuju produksi setelah mengalami transformasi yang diperlukan dari konsep saat pertama kali diperkenalkan.

Baca juga: Yamaha tampilkan sketsa mobil konsep

Yamaha pertama kali meluncurkan konsep skuter listrik E01 dan E02 di Tokyo Motor Show 2019, sebagai langkah nyata pertama menuju pilihan energi listrik dan energi bersih.

Perusahaan lambat dalam merangkul pengembangan skuter listrik dan telah bermitra dengan pembuat e-skuter Gogoro yang sudah mapan.

Hampir tidak ada rincian tentang kemajuan Yamaha dalam pengembangan E01 dan E02 sejak 2019. Hal ini telah memicu spekulasi bahwa proyek tersebut mungkin telah mencapai titik yang sulit atau mungkin ditinggalkan.

Namun unit penelitian dan pengembangan Yamaha bekerja keras untuk mengubah konsep tersebut menjadi produk komersial. Tujuannya untuk mempertahankan rekam jejak Yamaha sebagai pemimpin pasar kendaraan roda dua.

Skuter listrik E01 adalah skuter kelas 125cc dengan spesifikasi yang akan sesuai dengan persyaratan peraturan di Eropa dan Asia untuk kelasnya. Motor ini kemungkinan akan memiliki output daya 11 kW (15 hp) atau kurang dan dapat mencapai kecepatan tertinggi 90km/jam.

Baca juga: BMW Motorrad - TVS kerja sama motor listrik, produk pertama lahir 2023
 
Motor listrik konsep Yamaha E02 (ANTARA/HO-Gizmochina)

Skuter listrik Yamaha E02 lebih kecil dari E01 dan diperkirakan masuk ke kelas 50cc. Kendaraan ini menawarkan kursi untuk dua orang.

Yamaha E02 memiliki baterai yang dapat dilepas yang dimaksudkan untuk memperbesar jangkauannya. Paket baterai yang lebih kecil lebih ringan dan memiliki kapasitas yang lebih rendah.

Kemitraan masa lalu Yamaha dengan Gogoro mungkin berarti bahwa Gogoro akan menyediakan baterai di model-model tersebut. Belum ada tanggal pasti pada tahun 2022 untuk peluncuran dua skuter listrik Yamaha.



Baca juga: Temui Foxconn, Bahlil peroleh komitmen investasi baterai listrik

Baca juga: Gojek dan Gogoro bermitra hadirkan kendaraan listrik roda dua

Baca juga: Motor listrik buka akses buku untuk anak-anak pesisir tanpa berisik
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021