Jakarta, 1/2 (ANTARA) - Majalah otomotif waralaba dari Inggris, Autocar, membuka kesempatan bagi para peserta jajak pendapat Autocar Indonesia Reader`s Choice Award (ARCA) 2011, untuk berkendara dengan salah satu "supercar" yang beredar di dalam negeri.

"Peserta `polling` ARCA dalam bentuk multimedia yang terpilih akan berkesempatan ikut merasakan `supercar` antara lain Ferrari dan Lamborgini," kata Deputy Chief Editor Autocar Indonesia, Octo Budhiarto, pada keterangan pers, di Jakarta, Selasa.

Ia menjelaskan, ARCA merupakan penghargaan Autocar kepada berbagai jenis mobil yang beredar di Indonesia berdasarkan pilihan pembaca. Menurut dia, berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, pada ARCA ke-5 tahun ini, pihaknya tidak hanya menyebarkan angket melalui penerbitan majalah, tapi juga menyediakan situs khusus di website (autodeskcar.co.id).

"Para pembaca bisa langsung mengisi angket ARCA secara online," ujar Octo. Situs jajak pendapat tersebut dibuka mulai 1 sampai 6 Pebruari.

Selain itu, pihaknya juga menyelenggarakan "Auto Lifestyle road to ARCA 2011" di Senayan City Jakarta yang terdiri dari dari beberapa kegiatan yaitu, pameran mobil-mobil mewah yang eksotis, seperti Ferrari, Lamborgini, Audi TT, Mini Cooper, dan lain-lain, kemudian ada tempat pengisian angket secara online, dan pengalaman berkendara dengan "supercar."

"Kami memperkirakan tahun ini jumlah pembaca yang ikut dalam pemilihan ARCA 2011 mencapai lebih dari 4.000 orang, karena dari angket majalah saja sudah mencapai lebih dari 3.500 pembaca," kata Octo.

Pada tahun lalu, kata dia, profil pembaca yang mengikuti jajak pendapat ARCA, sebagian besar berusia 20-35 tahun, pendidikan terakhir S1, berdomisili di Jabodetabek, serta kota besar lainnya seperti Bandung, Surabaya dan Medan, dan berpenghasilan di atas Rp10 juta per bulan

Pada ARCA 2011, kata dia, ada 30 kategori mobil yang akan mendapat penghargaan. Kategori tersebut antara lain mobil perkotaan (city car), kendaraan serbaguna (MPV), kendaraan sport (SUV), dan "supercar."
(R016/M012)
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011