Jakarta (ANTARA News) - Majalah otomotif Autocar Indonesia mengumumkan merek-merek mobil favorit pilihan pembaca serta memberi penghargaan kepada agen tunggal pemegang merek dan importir umum mobil-mobil tersebut di Jakarta, Kamis.

Menurut majalah otomotif bulanan tersebut, mobil favorit pilihan pembaca untuk kategori "City Car" adalah Suzuki Splash, kategori "Low Price Small Saloon" Honda City, kategori "Medium Saloon" yang terpilih sebagai favorit pembaca Toyota Corolla Altis.

Sementara untuk kategori "Large Saloon" diperoleh Honda Accord dan kategori "Compact Executive Saloon" yang terpilih Audi A4.

Mercedes-Benz E Class terpilih sebagai favorit pada kategori "Executive Saloon", Lexus LS pada kategori "Luxury Saloon", Rolls-Royce Phantom pada kategori "Super Luxury Saloon", Mitsubishi Evolution X pada kategori "Sport Saloon" dan Mercedes-Benz E63 AMG pada kategori "Large Sport Saloon."

Sedang pada kategori "Small Hatchback" yang terpilih sebagai favorit pembaca mobil merek Honda Jazz i-VTEC dan favorit "Hatchback" yang terpilih Volkswagen Golf.

Pada kategori "Compact MPV" Toyota Avanza terpilih sebagai favorit pembaca, kategori "Medium MPV" pemenangnya Honda Freed, kategori "Luxury Medium MPV" dimenangkan Honda Odyssey, merek terfavorit "Large MPV" Volkswagen Transporter dan pada kategori "Luxury MPV" pemenangnya Toyota Alphard.

Untuk jenis SUV, mobil Toyota Rush terfavorit pada kategori "Small SUV", Honda CR-V pada kategori "Compact SUV", Mazda CX-7 untuk kategori "Medium SUV", Peugeot 3008 untuk kategori "Crossover SUV", Jeep Wrangler Sahara pada kategori "Compact SUV 4X4".

Selain itu, Chevrolet Captiva AWD pada kelompok "Medium SUV 4x4", BMW X5 pada kategori "L uxury Medium SUV 4x4" dan Land Rover Range Rover Sport untuk kategori "SUV 4x4 Sport."

Pada kategori "Station Wagon" Mercedes-Benz E-class Estate terpilih sebagai favorit, Mitsubishi Strada Triton terpilih sebagai mobil favorit kategori "Double Cabin" dan Porsche Cayman terfavorut kategori "Coupe".

Pembaca majalah otomotif tersebut juga memilih Maserati Grancabrio sebagai mobil favorit pada kategori "Convertible", Ferrari 599 GTB pada kategori "Sportcar" dan Lamborghini Murcielago LP-670-4 Super Veloce pada kategori "Supercar".

Majalah bulanan itu juga memberi penghargaan khusus kepada pihak-pihak yang dinilai memberikan sumbangan besar dalam pengembangan industri permobilan dalam negeri.

Penghargaan "Man of te Year" diberikan kepada Managing Director PT general Motors Indonesia Mukiat Sutikno, "Car Enthusiast Award" kepada Hotma Sitompoel.

"Motor Sport Man of the Year" untuk Irawan Sucahyono dari Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan "Public Relation of the Year" pada PT Toyota Astra Motor.(*)

(T. M035/S019)
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011