Jakarta (ANTARA News) - Mobil balap versi GT3 terbaru MP4-12C Supercar dari McLaren akan berlaga di sirkuit pada tahun 2012.

Mclaren telah mengkonfirmasi bahwa mereka akan  kembali meramaikan balap GT dengan hadirnya supercar baru MP4-12C.

Mobil versi GT3 itu direncanakan akan bersaing pada 2012 dan sedang dikembangkan bersama oleh McLaren dan CRS racing.

Jumlah yang terbatas dari supercar bersasis karbon itu tersedia bagi warga eropa yang menyukai privasi. Awalnya GT3 itu  direncanakan untuk berkompetisi di tahun 2012 pada ajang European FIA GT3 Series.

Pengembangan mobil dilakukan oleh McLaren dan CRS juga akan ikut sebagian kompetisikan European GT di tahun 2011.

McLaren mengklaim sasis ringan 12C   "Monoshell" tanpa sambungan, downforce tingkat tinggi dan aerodinamisnya akan menjadi keunggulan di sirkuit. Perusahaan itu berharap bisa mengulang sukses darii mobil berbasis balapannya, F1, yang memenangkan Le Mans 24 hours pada debut tahun 1995.

Martin Whitmarsh. pimpinan tim Vodafone Mercedes McLaren mengatakan "balapan adalah darah kami - sudah sewajarnya kami  membangun  GT3 selain 12C yang merupakan mobil untuk sehari-hari. Kami memiliki kisah legendaris dalam otomotif sport global, termasuk GT racing, dan kami bertujuan untuk memelihara reputasi itu dengan program GT3 ini, dan setiap proyek mobil masa depan yang akan berkembang."

"Arsitektur 12C dan rancangannya selalu ditujukan pada peforma tinggi dan mudah dalam perawatan - dua kriteria kunci untuk pelanggan potensial. "

"C12  pastinya menjadi pilihan menarik bagi tim-tim yang akan menggunakan GT3 untuk balap di tahun 2012."

CRS Racing yang berbasis di Inggris akan membangun, menjual dan mendukung mobil balap GT3 dalam kolaborasi dengan McLaren.
(yud/A038/BRT)
Pewarta: Yudha Pratama Jaya
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010