Jakarta (ANTARA) - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengajak para "Sahabat Klub" untuk mengenal lebih jauh fitur dan teknologi yang dimiliki oleh Daihatsu Rocky, melalui program Auto Clinic bertema "Teknologi ASA. dan D-CVT Daihatsu Rocky" secara virtual yang diikuti pengurus dan anggotanya dari 20 mobil Daihatsu di seluruh Indonesia.

"Kami ingin memperkenalkan teknologi terbaru Daihatsu Rocky kepada Sahabat Klub sebagai pelanggan setia dan juga merupakan bagian dari keluarga besar Daihatsu yang member-nya tersebar di seluruh Indonesia," ungkap People Development Department Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Ben Faqih dalam keterangan resminya, Kamis.

Sebagaimana diketahui bersama, teknologi A.S.A (Advanced Safety Assist) merupakan fitur keselamatan aktif dan tertinggi di kelasnya, yang dapat membantu pengemudi untuk meminimalisir resiko kecelakaan, seperti fitur peringatan ketika terdeteksi potensi tabrakan, sistem pengereman untuk mengurangi dampak benturan.

Selain itu, A.S.A ini juga memiliki fitur untuk mencegah tabrak depan karena salah menginjak pedal gas, memberikan peringatan saat mobil depan sudah bergerak maju, fitur peringatan ketika mobil menginjak garis marka secara tidak sengaja, serta fitur yang dapat mengembalikan posisi mobil ke jalur sebelumnya. Secara prinsip kerja, fitur A.S.A diawali dari kamera stereo yang mendeteksi adanya objek di depan mobil, lalu sinyal kamera dikirim ke ECU, kemudian mengaktifkan sistem rem dan kemudi.

Untuk pembahasan kedua, PT ADM memberikan pengetahuan lebih terhadap teknologi transmisi, Daihatsu Rocky dilengkapi Dual Mode CVT (Continuously Variable Transmission), yang merupakan pengembangan dari teknologi CVT yang sudah ada, melalui mekanisme split gear dengan 1 set planetary gear.

Sehingga penyaluran tenaga dari mesin mengkombinasikan antara belt dengan planetary gear yang menyebabkan pada saat kecepatan rendah terasa lebih halus dan bertenaga, sementara pada saat kecepatan tinggi bisa lebih irit.

Baca juga: Rocky jadi mobil ke-7 juta yang diproduksi Astra Daihatsu Motor

Baca juga: Daihatsu Rocky 1.000cc lebih laris dari varian 1.200cc

Baca juga: Mengintip teknologi baru Daihatsu Rocky

Pewarta: KR-CHA
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021