Jakarta (ANTARA) - Daihatsu Rocky varian 1.2 berwarna kuning menjadi mobil ke-7 juta yang diproduksi oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Capaian tersebut terhitung sejak pertama kali Daihatsu diproduksi di Indonesia pada tahun 1978.

"Pencapaian produksi ke-7 juta unit merupakan momentum penting bagi ADM, terlebih di tengah kondisi pandemi hingga saat ini," ujar Executive Officer PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Kurniawan Rahardono dalam keterangannya, Jumat.

Baca juga: PT ADM bikin aplikasi kesehatan guna monitor protokol kesehatan

Dia mengatakan Daihatsu akan terus berkomitmen memenuhi kebutuhan pelanggan dengan menyediakan produk terbaik sesuai permintaan dengan standar kualitas global.

ADM memulai produksi mobil secara utuh di Tanah Air pada tahun 1978, dan mencapai produksi ke-1 juta unit dalam waktu 27 tahun, yakni pada 2005. Selanjutnya, produksi ke-2 juta unit tercapai pada 2010.

Selang tiga tahun, ADM berhasil mencatatkan produksi ke-3 juta unit. Produksi ke-4 juta dan 5 juta unit dicapai pada tahun 2015 dan 2017. Sementara produksi ke-6 juta unit terealisasi pada tahun 2019.

"Puji syukur meskipun dalam masa pandemi di tahun ini kita bisa mencapai 7 juta unit produksi yang dicapai dalam kurun waktu kurang lebih 2 tahun sejak tahun 2019," kata Rahardono.

Dalam hal produksi, ADM memiliki fasilitas perakitan kendaraan terintegrasi di Sunter dan Karawang dengan total kapasitas produksi hingga 530 ribu unit per tahun.

Dengan kapasitas tersebut, membuat produksi kendaraan di ADM dalam 5 tahun terakhir berkontribusi rata-rata sekitar 40 persen dari wholesales pasar mobil domestik di Indonesia.

Baca juga: Daihatsu batasi kegiatan "offline", tingkatkan pemasaran digital

Baca juga: Daihatsu jual 67 ribu mobil semester I 2021

Baca juga: Daihatsu fasilitasi pembelajaran otomotif SMK

Pewarta: F017
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021