Jakarta (ANTARA) - PT Pertamina Lubricants, anak usaha BUMN migas PT Pertamina (Persero), gencar berekspansi dan memasarkan produknya di pasar international, dengan produk pelumas mobil Fastron yang sudah merambah pasar 14 negara di Asia, Afrika, dan Australia.

Gebrakan Pertamina Lubricants ini dimulai tujuh tahun lalu ketika pada 2014 mengakuisisi produsen pelumas di Bangkok yang sekarang bernama Pertamina Lubricants Thailand Co Ltd.

Direktur Utama Pertamina Lubricants, Ageng Giriyono, dalam pernyataan resmi dikutip Kamis mengatakan, sejak akuisisi tersebut, Pertamina Lubricants Thailand memang digunakan sebagai salah satu ujung tombak dalam mengembangkan pasar dan memperluas cakupan pemasaran pelumas Pertamina, khususnya di Asia dan Indochina.

Baca juga: Pertamina kapalkan perdana 350 ribu barel minyak dari WK Rokan

"Akuisisi ini merupakan milestone Pertamina Lubricants menuju world class lubricants company dengan memperkuat posisi Pertamina Lubricants di pasar regional, terutama negara-negara berkembang yang berpotensi besar seperti Vietnam, Kamboja, Myanmar, dan Laos, serta tentunya Thailand. Ekspansi berlanjut, dan pada tahun 2018 secara resmi Pertamina Lubricants memiliki Representative Office Australia yang berlokasi di Sydney sebagai komitmen kami melayani konsumen di benua kanguru tersebut," jelas Ageng.

Kini, pelumas karya anak bangsa yang merupakan produk unggulan Pertamina Lubricants yakni Fastron sudah eksis dan dipasarkan di 14 negara di benua Asia, Afrika, dan Australia. Pertamina Lubricants juga telah memiliki distributor pelumas di 12 negara di Asia, dua distributor Afrika yakni di Afrika Selatan dan Nigeria, serta satu distributor dan dua sub-distributor di Australia.

Tidak hanya itu, pelumas Fastron juga dipercaya bagi pabrikan mobil internasional. Sejak tahun 2020 dan hingga 2021, Pertamina Lubricants menjadi technical partner dari pabrikan mobil super asal Italia yakni Lamborghini dalam ajang balap bergengsi GT3 dan Super Trofeo Championship.

Prestasi ini memperkuat eksistensi dan kualitas pelumas Pertamina yang dapat diandalkan dalam kancah olahraga balap internasional.

"Sebagai technical partner, kami menyediakan Fastron Platinum Racing bagi tim Lamborghini Squadra Corse. Sekali lagi ini membuktikan bahwa PTPL siap dan mampu memproduksi berbagai varian pelumas berkualitas untuk penggunaan sehari-hari maupun untuk diformulasi khusus bagi pasar olahraga balap," katanya.

Ageng optimistis dan terus berkomitmen melakukan pengembangan bagi dari segi ekspansi bisnis, serta dari segi pengembangan kualitas pelumas Pertamina.

"Kami akan terus menguatkan pertumbuhan bisnis pelumas baik di dalam maupun luar negeri, ini sejalan dari Program Go Retail dan Go Expansion pada Sub Holding Commercial & Trading sebagai induk perusahaan Pertamina Lubricants. Komitmen Pertamina Lubricants adalah memberikan produk dan layanan terdepan bagi konsumen-konsumen kami," demikian Ageng menambahkan.

Baca juga: Pertamina temukan cadangan minyak dan gas bumi di Kepulauan Seribu

Baca juga: Pertamina bor sumur keenam di Blok Rokan

Baca juga: Pengamat: Restrukturisasi membuat Pertamina lebih fokus dan lincah
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021