Jakarta (ANTARA) - Adanya peraturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa – Bali sampai tanggal 20 Juli 2021, bukan berarti jadi alasan bagi para pemilik kendaraan untuk merawat skuter Vespa Matik kesayangan agar tetap prima meski jarang untuk dikendarai.

Kepala Bengkel Scooter VIP Surabaya, M. Fatchur Rohman membagikan sembilan langkah mudah merawat skuter matik secara mandiri agar skuter tetap dalam kondisi yang prima saat nanti dikendarai.

"Perawatan skuter modern vespa matik sebenarnya memerlukan perawatan yang jauh lebih mudah dilakukan saat kita berada di rumah," kata Fatchur Rohman dalam keterangan resminya, Kamis.

Pertama pemilik diharuskan untuk membersihkan seluruh bagian body kendaraan saat tidak digunakan dan disimpan dalam jangka waktu yang cukup lama, lalu pemilik juga harus memberikan sarung pada bagian jok agar tidak berdebu saat nanti digunakan.

Langkah selanjutnya, sebelum didiamkan dalam jangka waktu yang lama, pemilik disarankan untuk mengisi penuh bahan bakar kendaraan, lalu dongkrak roda depan agar tidak menyentuh lantai seperti roda belakang saat di-standard tengah untuk menghindari ban menjadi kempis.

Pemilik juga harus melakukan rutinitas untuk menghidupkan skuter Vespa matik kurang lebih 10-15 menit. Selanjutnya, jika memiliki charger portable otomatis maka akan lebih praktis dan bisa dipasang pada aki skuter namun jika tidak, bisa mencopot kabel positif pada aki dengan obeng plus agar mudah jika ingin digunakan kembali.

Pada tahapan ketujuh, pemilik disarankan untuk mengontrol tekanan angin ban depan dan ban belakang sebelum dikendarai untuk kebutuhan mendadak lalu pemilik juga disarankan untuk selalu mengecek kondisi oli mesin atau oli garden melalui dipstick.

Pada tahapan yang terakhir, jika skuter Vespa matik mempunyai radiator maka mengecek radiator adalah melalui cairan radiator masih sesuai dengan standar atau tidak.


Baca juga: Vespa dan Piaggio yakini masa depan di Indonesia

Baca juga: Vespa hadirkan edisi spesial 75 tahun

Baca juga: Vespa Primavera S Green Relax yang asyik untuk jalan-jalan santai

Pewarta: KR-CHA
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021