Jakarta (ANTARA News) - Produsen mobil Amerika Serikat (AS), Ford Motor Corp, akan menampilkan generasi terbaru pick up Ranger di Australian International Motor Show bulan depan dan rencananya, produk yang dibuat di Australia akan dijual ke 180 negara.

"Australia memainkan peran penting dalam pengembangan produk Ford global terbaru ini," ujar President Ford Asia Pasifik dan Afrika Joe Hinrichs dalam siaran pers, Kamis.

Joe menyatakan, New Ranger merupakan produk global terbaru yang lahir dari strategi ONE Ford. Lewat strategi ini, Ford akan memusatkan produksi Ranger di Australia dan menghentikan produksi di Amerika, menyusul terus merosotnya penjualan.

New Ranger dirancang dan dibangun di fasilitas pengembangan produksi Ford di Campbellfield dan fasilitas pengujian di Geelong. Mobil ini, kata Joe, menggunakan platform truk kompak terbaru dan diyakini mampu membawa Ford memimpin pasar truk pick up global.

New Ranger lebih mungil dari versi lawas. Walau begitu, Ford mengklaim Ranger terbaru tetap terlihat kekar dari sisi depan, samping dan buritan. Mobil ini telah melewati tes ketahanan 1 juta km melintas Asutralia hingga gurun-gurun di Timur Tengah.

Joe menyatakan, New Ranger akan memiliki kapasitas tarik yang lebih besar dengan interior penuh fitur-fitur yang mengesankan. Ruang kabin akan lebih luas serta konsumen akan mendapatkan pengalaman berkendara yang luar biasa dari sebuah mobil.

Selain memamerkan New Ranger, ford juga akan memperkenalkan Focus RS yang berjenis sedan tanpa buntut (hatchback). Saat ini pihak Ford Asutralia telah membuka inden terbatas untuk Focus RS sebanyak 315 unit.

"Pameran ini akan menjadi peluang besar untuk melihat mobil yang akan melahirkan generasi baru pencinta mobil berperforma tinggi," ujar President dan CEO Ford Australia Marin Burela.

Di samping itu, Ford akan meluncurkan mesin V8 supercharged pertama yang dipasang di model GT dan GS terbaru. Pengunjung Australian International Motor Show juga akan melihat penampilan perdana jajaran terbaru Ford Fiesta, terdiri atas diesel dan sedan Fiesta.

"Fiesta mengalami sukses besar di Australia. Sejak peluncurannya pada awal 2009, pangsa Ford di segmen mobil ringan meningkat dari 4,7 persen menjadi 8,3 persen," kata dia.
(ANT258/R016)
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010