Jakarta (ANTARA) - Ford menarik kembali hampir 4.600 unit Mustang 2024 karena masalah pada suspensi belakang kendaraan, seperti dikutip dari Car and Driver, Kamis (22/8).

Penarikan ini mencakup 4.595 Mustang yang memiliki kemungkinan cacat pada bagian knuckle suspensi belakang yang mungkin memiliki ketidaksempurnaan dalam pengecoran, sehingga melemahkan bagian tersebut dan bisa menyebabkan retak.

Menurut dokumen yang diajukan ke Badan Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional AS (National Highway Traffic Safety Administration/NHTSA), knuckle suspensi yang retak dapat mengurangi kekakuan lateral mobil dan menyebabkan perubahan yang signifikan pada sudut toe-in atau toe-out ban belakang saat berakselerasi atau mengerem.

Baca juga: Penyebab Ford tarik ribuan Mustang 2024 di AS

Perubahan pada sudut toe ini dapat mempengaruhi kemampuan kemudi, sehingga meningkatkan risiko kecelakaan.

Dokumen penarikan menunjukkan bahwa filter serpihan yang dipasang secara tidak benar mungkin telah digunakan selama proses produksi, memungkinkan terjadinya masuknya slag ke dalam pengecoran dan menghasilkan bagian yang cacat.

Menurut laporan kronologi, Ford mengetahui adanya dua laporan yang mungkin terkait dengan kendaraan yang memiliki knuckle suspensi belakang yang retak atau patah.

Baca juga: Ford tarik Mustang 2024 karena kebocoran minyak kopling

Untungnya, produsen mobil ini belum menerima laporan terkait cedera yang diakibatkan oleh masalah tersebut. Ford akan memberi tahu pemilik Mustang akhir bulan ini, sementara pemberitahuan untuk dealer sudah dilakukan.

Produsen mobil ini akan memeriksa model yang ditarik untuk mengetahui nomor seri yang terpengaruh pada bagian suspensi, dan menggantinya secara gratis jika diperlukan.

Menurut dokumen NHTSA, pemilik yang sudah membayar untuk perbaikan ini secara mandiri mungkin berhak atas penggantian biaya dari Ford.

Baca juga: Stellantis "recall" tiga mobil di AS, termasuk Jeep

Baca juga: Honda tarik 2,6 juta mobil di AS karena masalah pompa bahan bakar
Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024