Jakarta (ANTARA) - General Motors (GM) mengeluarkan surat penarikan kembali (recall) untuk kendaraan Buick Encore GX dan Chevrolet Trailblazer karena masalah dongkrak darurat yang berpotensi patah.

Dalam laporan keselamatan National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) disebutkan bahwa, dongkrak darurat yang digunakan Encore GX dan Trailblazer dapat patah jika tidak diposisikan sesuai buku manual pemilik kendaraan.

Jika dongkrak patah saat digunakan maka dapat membuat mobil ambruk dan mengancam jiwa orang yang berada di bawahnya. Dikutip dari CarsCoops, Selasa, seorang test driver GM melaporkan dongkrak yang rusak selama uji ketahanan pada Trailblazer 2021.

Baca juga: GM "recall" banyak mobil karena lampu peringatan kantung udara rusak
 
Chevrolet Trailblazer (ANTARA/Reuters)


Seorang insinyur validasi dari GM kemudian melaporkan masalah tersebut melalui program Speak Up for Safety GM pada 31 Maret 2021 dan GM membuka penyelidikan atas masalah tersebut pada 20 April.

GM kemudian mengonfirmasi bahwa dongkrak itu bisa rusak ketika digunakan pada posisi yang salah. Pembuat mobil juga mengidentifikasi 21 klaim lapangan terkait hal yang sama.

Penarikan tersebut berdampak pada 55.996 Buick Encore GX yang diproduksi antara 23 Maret 2020 hingga 3 Juni 2020, serta 79.404 Chevrolet Trailblazer yang dibuat antara 16 Maret 2020 hingga 8 Mei 2021.

Diler kemudian akan mengganti alat tersebut dengan dongkrak berbahan logam yang lebih kuat mulai 10 Juni.

Baca juga: 8 pabrikan "recall" hampir 24 ribu kendaraan karena suku cadang rusak

Baca juga: Nissan recall 138 ribu Sentra karena masalah komponen

Baca juga: Volvo "recall" 85 ribu unit kendaraannya di Amerika Serikat


 
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021