Jakarta (ANTARA) - Perangkat cerdas Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE) yang disematkan dalam kendaraan Sport Utility Vehicel (SUV) Wuling Almaz RS​​​​​​​ memungkinkan penggunanya untuk mengeksplor lebih mendalam serta melakukan personalisasi.

"Mengenai fitur-fitur yang tergabung dalam Internet of Vehicle, konsumen harus dapat mengetahui keseluruhan fungsi agar dapat menggunakan beragam fitur yang dimiliki secara optimal," kata App Operation Wuling Motors, Dimas Agus saat media briefing mengenai inovasi terbaru dari Wuling, Rabu.

Fitur canggih tersebut memberikan kemudahan bagi pemilik Wuling Almaz RS dengan mengkoneksikan smartphone dengan kendaraan mereka. Untuk bisa menggunakan fitur pintar ini, pemilik harus melakukan registrasi akun, mengikat kendaraan, serta mendaftarkan kunci Bluetooth via My Wuling+.

Pemilik kendaraan yang sering meminjamkan kendaraannya juga tidak perlu khawatir, pasalnya para p3miliknkendaraan Wuling Almaz RS dapat mengatur pada mode pilihan "Manajemen Otorisasi Kunci".

"Untuk dapat mengakses, pastikan orang lain yang diberikan otorisasi akses kunci telah memiliki email akun My Wuling+ yang sudah diaktivasi sebelum mengendarai Wuling Almaz RS," kata dia.

Untuk mempermudah sebelum melakukan perjalanan, pemilik dapat melakukan penyesuaian rute yang akan dituju. Navigasi akan aktif secara otomatis sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Selain itu, kemudahan lainnya pemilik dapat memproyeksikan aplikasi pada smartphone ke layar headunit yang dapat dilakukan secara nirkabel.
Wuling Almaz RS (ANTARA/Chairul arohman)


SetelahWuling Almaz RS juga hadir dengan memberikan kemudahan pada saat melakukan aktivitas mengemudi dengan membenamkan fitur Driver Assistance System (ADAS) di dalamnya.

Sensor berupa radar dan kamera resolusi tinggi berperan sebagai indera tambahan untuk membaca kondisi lalu lintas dan situasi lingkungan sekitar yang akan diproses oleh sistem sehingga kendaraan memberi respon yang sesuai.

"ADAS bersifat sebagai bantuan, dan tidak menggantikan peran utama pengemudi. Tiap pengemudi harus selalu waspada dan bertanggung jawab terhadap kondisi lalu lintas dan tetap aktif merespon keadaan sekitar," kata Product Planning Wuling Motors, Danang Wiratmoko.

Dalam hal ini, pemilik disarankan untuk mempelajari dan memahami buku manual kendaraan sebelum berkendara.

Misalnya, untuk mengaktifkan fitur bantuan jelajah adaptif (adaptive cruise), seluruh pintu harus tertutup rapat, pengemudi harus menggunakan sabuk pengaman, transmisi ada di posisi D, sistem ESC aktif, dan rem parkir tidak aktif.


Baca juga: Era baru mobilitas cerdas Wuling Almaz RS

Baca juga: Mengenal teknologi pintar Wuling Almaz RS

Baca juga: Kapten Vincent konsumen pertama Almaz RS

Pewarta: KR-CHA
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021