Jakarta (ANTARA) -
Tren industri otomotif yang condong ke kendaraan Sport Utility Vehicle (SUV), membuat pabrikan berlogo lima berlian, Wuling menghadirkan pembaruan pada flagship SUV mereka di pasar otomotif Indonesia dengan New Almaz RS.

Lahirnya SUV dari Wuling yang telah meraih respons positif dari masyarakat, tidak terlepas dari peran teknologi cerdas yang diusung oleh pabrikan tersebut, mulai dari fitur keselamatan aktif hingga fitur perintah suara dengan bahasa Indonesia menjadikan seri Almaz ini dinobatkan menjadi kendaraan yang cerdas.

Kehadiran New Almaz RS dengan wajah baru dan beberapa pembaruan ini terdiri dalam dua kategori mesin yakni multi-mode hybrid dan mesin turbo.

“Perjalanan seri Almaz yang dimulai sejak bulan Februari 2019 di Indonesia diwarnai dengan sambutan hangat dari konsumen, penjualan yang baik, dan banyaknya penghargaan bergengsi," kata Dian Asmahani, Brand & Marketing Director Wuling Motors, Jumat.
"Melanjutkan komitmen Wuling untuk Terus Hadir Dengan Inovasi Tanpa Akhir, kami mengaplikasikan sentuhan baru terhadap medium SUV yang memiliki inovasi lengkap dalam rangka menjawab kebutuhan konsumen akan mobilitas modern dan mampu memberikan pengalaman berkendara tanpa batas," imbuh Dian. 

Baca juga: Keunggulan SUV pintar New Almaz RS yang melenggang di GIIAS 2023

Sebagai kendaraan hybrid pertamanya untuk pasar domestik, Wuling tidak tanggung-tanggung dalam menyajikan ruang performanya. Wuling New Almaz RS Hybrid hadir dengan powertrain multi-mode hybrid yang menggabungkan mesin 2.000 cc dengan motor listrik bertenaga 75 kW.

Transmisi yang digunakan untuk kombinasi performa tersebut disalurkan melalui Dedicated Hybrid Transmission (DHT) yang sudah dikembangkan secara khusus untuk membagi daya dari mesin bensin dan motor listrik ke roda.

Dalam sistem multi-mode hybrid New Almaz RS ini, terdapat tiga mode berkendara yang diatur secara otomatis menyesuaikan input pedal gas dan kondisi baterai serta kecepatan kendaraan. Ketiga mode tersebut yakni EV Mode, Series Hybrid, dan Parallel Hybrid yang diatur melalui sistem cerdas kendaraan.

Teknologi lainnya yang sudah tersemat guna membantu kemudahan dalam berkendara antara lain adalah inovasi Internet of Vehicle (IoV) dan Advanced Driver Assistance System (ADAS) pada tahun 2021 yang menjadikan Almaz RS menyandang gelar The First Leading Intelligent Digital Car.

Baca juga: Wuling berikan penyegaran untuk New Almaz RS

Berbagai kendaraan Almaz dari Wuling juga sudah diasupi dengan teknologi seperti Driver Assistance System (ADAS) yang meliputi Automatic Light, Safe Distance and Braking Assistance, Lane Recognition, dan Adaptive Cruise, serta fitur kelas premium semisal Panoramic Sunroof, Bluetooth Key, hingga fitur keselamatan aktif.

Fitur keselamatan aktif yang diberikan Wuling antara lain Lane Keeping Assistance, Intelligent Head Beam Assistance, Lane Departure Warning, dan Intelligent Hydraulic Braking Assistance.

Tidak heran, jika diakumulasikan penjualan ritel secara menyeluruh, data dari perusahaan mencatat bahwa penjualannya telah mencapai 27.278 unit. Persentase tersebut di antaranya adalah Almaz sebanyak 18.210 unit, Almaz RS sebanyak 8.687 unit dan Almaz Hybrid 381 unit.

Baca juga: Jejak enam tahun Wuling Indonesia, gebrakan teknologi hingga Air ev
Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023