Jakarta (ANTARA) -
Wuling Motors (Wuling) dalam memasuki era elektrifikasi di Indonesia, menghadirkan dua jajaran yang dapat dijadikan pilihan baik kendaraan sepenuhnya elektrik maupun mobil berteknologi hybrid seperti yang ada pada Wuling New Almaz RS Pro Hybrid.
 
Kendaraan Hybrid dari pabrikan yang berlokasi di Cikarang, Jawa Barat ini memiliki berbagai keunikan yang jarang ditemukan di kendaraan lain seperti Multi-mode Hybrid Powertrain yang cerdas dengan cara kerja otomatis. Dengan begitu, pengendaranya tidak terlalu dipusingkan untuk mengganti mode-mode berkendara yang ada.
 
Menurut Wuling seperti tertulis dalam keterangan pers diterima di Jakarta pada Rabu, tiga mode yang hadir dalam sistem ini, diantaranya adalah EV Mode yang digerakkan oleh energi baterai atau kendaraan seutuhnya digerakkan oleh baterai tidak menggunakan bahan bakar.

Baca juga: Deretan mobil listrik di bawah Rp500 juta yang bisa jadi pilihan
 
Selanjutnya, dua mode berkendara lainnya ada seperti Series Hybrid yang bekerja mengisi daya baterai dan digerakkan oleh motor listrik, serta mode Parallel Hybrid yaitu berbagi beban kerja antara mesin dan motor listrik.
 
Mobil segmen medium Sport Utility Vehicle (SUV) ini menggendong dua penggerak di bawah kap mesinnya yakni mesin berkonfigurasi 4 silinder berkapasitas 1.999 cc dengan dukungan Atkinson Cycle serta motor generator 130 kW memberikan kendaraan ini tenaga yang respon dan juga perpindahan gigi yang halus dan juga responsif.
 
Dengan begitu, Wuling mengklaim bahwa kombinasi dari keduanya ini mampu bekerja secara otomatis dalam memilih mode berkendara berdasarkan kondisi baterai, kecepatan dan kebutuhan pengemudi. Dengan begitu dapat memberikan efisiensi bahan bakar serta emisi yang lebih rendah, namun performa tenaganya tetap tinggi.
 
Selain itu, berbagai peralatan canggih dan juga modern juga dihadirkan pada kendaraan ini, seperti sistem keselamatan terintegrasi Advanced Driver Assistance System (ADAS), Internet of Vehicle (IoV) atau Wuling Remote Control App dan Wuling Indonesian Voice Command (WIND) sebagai perintah suara berbahasa Indonesia.
 
Fitur ADAS ini hadir dalam empat kategori yang memberikan kemudahan bagi para penggunanya seperti Adaptive Cruise yang bekerja secara otomatis untuk menjaga jarak keamanan dengan kendaraan di depan, membantu mengurangi kecepatan di jalan berkelok, menjaga kendaraan agar tetap berada di tengah garis jalur.
 
Lalu hadir juga fitur Lane Recognition yang didukung Lane Departure Warning (LDW) dan Lane Keeping Assistance (LKA) untuk memperingati pengemudi saat di luar jalur dan tetap menjaga di jalur yang tepat. Kemudian ada fitur Safe Distance & Braking Assistance, yang memberikan peringatan jika kendaraan di depan tidak dalam jarak aman serta sistem otomatis pengereman darurat saat kondisi bahaya.
 
Fitur selanjutnya adalah Intelligent Head Beam Assistance yang bekerja sebagai automatic light mengalihkan lampu jauh dan dekat sesuai lingkungan di sekitar.
 
Fitur keamanan lainnya yang juga sudah menggunakan teknologi terkini hadir seperti fitur Electric Parking Brake (EPB), Hill Hold Control (HHC), Auto Vehicle Holding (AVH), Traction Control System (TCS), hingga Emergency Stop Signal (ESS) dan 4 SRS Airbags.
 
Selain itu, mobil ini juga sudah menggunakan chassis dengan suspensi front/rear, steering Electric Power Steering (EPS) dan tilt steering adjustment yang nyaman saat mengendarai SUV cerdas Wuling ini.
 
Mobil ramah lingkungan berdimensi 4,670x1,835x1,760 ini juga sudah turut dibenamkan dengan eksterior dengan desain yang elegan dan berkelas, membuat penggunanya merasa percaya diri ketika menggunakannya dalam kegiatan sehari-hari.
 
Seperti pada kendaraan SUV lainnya, mobil ini juga turut mempertegasnya dengan menggunakan Alloy Wheel 18 inci yang sporty membuat Wuling New Almaz RS Pro Hybrid terlihat semakin gagah dan futuristik.
 
Dengan berbagai kecanggihan yang dimilikinya, Wuling membanderol kendaraan ini dengan harga Rp438 juta untuk OTR Jakarta.

Baca juga: Wuling tebar berbagai program menarik di November

Baca juga: Nio PHK 10 persen jumlah pegawai

Baca juga: Produk ramah lingkungan Wuling mendukung "Home Care" Makassar
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023