Jakarta (ANTARA) - Kasus-kasus penipuan di balai lelang tak resmi membuat masyarakat enggan untuk membeli kendaraan, baik roda dua maupun roda empat di balai lelang.

General Manager AUKSI, Ari Andrian mengungkapkan bahwa masyarakat, terutama yang baru akan mencoba membeli melalui lelang, harus mengetahui apakah lembaga lelang yang dituju telah memiliki badan hukum atau tidak.

"Mereka harus lihat dulu balai lelangnya seperti apa, apakah beneran ada, lalu jelas badan hukumnya karena banyak balai lelang yang belum jelas badan hukumnya," ungkap Ari Adrian kepada awak media di IIMS Hybrid 2021, Senin (19/04).

Baca juga: AUKSI hadir di IIMS Hybrid 2021 berikan edukasi dunia lelang kendaraan

Baca juga: Jangan terburu-buru saat membeli kendaraan di balai lelang


Selain itu, masyarakat juga harus jeli jika ingin mengikuti pembelian kendaraan secara lelang dengan melihat dan memastikan kondisi aset atau kendaraan secara langsung.

"Aset barang lelang juga harus jelas dan kendaraan juga bisa dilihat secara langsung, serta mengenai surat-surat kendaraan itu sendiri," kata dia.

"Biasanya banyak SMS penipuan lelang dan asetnya tidak jelas, dan akun sosial media juga banyak yang digunakan untuk tujuan tidak benar dan mengatas namakan lelang tertentu," kata dia.

"Kalau di AUKSI sendiri, kami memberikan daftar kendaraan yang akan di lelang dan itu keluar setiap hari Senin sudah ada di website resmi kita, jadi hari Rabu sampai kamis itu mereka bisa melihat unit yang akan di lelang di pool kami," tambah dia

Sebagai informasi, AUKSI telah menyelenggarakan kegiatan lelang di berbagai wilayah sejak tahun 2013, tepatnya di Jakarta, Surabaya, Malang, Semarang, Balikpapan, Makassar, Medan, Palembang, dan Pekanbaru.

Berkat performa dan kinerjanya yang baik dari tahun ke tahun, pada bulan Desember 2020 lalu AUKSI mendapatkan penghargaan sebagai Balai Lelang Terbaik untuk Kategori Kepatuhan Terbaik dari Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (Kanwil DJKN) Banten untuk ketiga kalinya.

Baca juga: Balai lelang AUKSI buat program khusus untuk konsumen loyal

Baca juga: Hal yang perlu diperhatikan sebelum beli kendaraan lewat lelang

Pewarta: KR-CHA
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021