Jakarta (ANTARA) - Balai lelang otomotif JBA Indonesia dalam kurun waktu Januari hingga Oktober berhasil melelang sekitar 105 ribu kendaraan roda empat dan 145 untuk roda dua, sedangkan untuk penjualan roda empat dan roda dua mencapai 78 ribu.

“Angka pencapaian mobil dan motor sama-sama meningkat tahun ini. Melihat peningkatan ini, kami optimis dapat mempertahankan pencapaian ini dengan fokus pada operasional layanan di jaringan lelang kami untuk para peserta lelang dan inovasi pendekatan sales kepada pemilik kendaraan,” kata Chief Operating Officer PT JBA Indonesia, Deny Gunawan dalam keterangan resminya, Selasa. 

Dalam menangani pencapaian positif di tahun ini, pihaknya berencana untuk membuka lelang secara hybrid di berbagai kota di Indonesia, guna mengakomodasi keinginan yang terus berkembang.

Baca juga: Balai lelang mobil AUKSI komitmen beri layanan terbaik

“Kami juga akan mulai membuka kembali lelang floor/offline di berbagai cabang di luar Jawa dan Sulawesi yang sejak pandemi menjadi lelang berbasis daring sepenuhnya,” jelas dia.

Dalam hal ini, kegiatan lelang offline akan diadakan di berbagai cabang mereka yang berada di Medan, Palembang, Pekanbaru, Lampung, dan Balikpapan. Kelima cabang tersebut selama pandemi mengadaptasi lelang daring secara keseluruhan tiap minggunya.

Seluruh kendaraan yang akan dilelang setiap minggunya akan melewati tahap pengecekan atau inspeksi berdasar standar JBA. Hasil inspeksi standar JBA akan mengeluarkan grading atau hasil penilaian.

Untuk mobil terdapat tiga grading yaitu eksterior, interior, dan mesin. Sedangkan untuk motor ada dua hasil grading yaitu eksterior dan mesin.

Baca juga: Titip jual mobkas di balai lelang dianggap lebih untung

“Salah satu, standar yang dipastikan terjaga oleh JBA adalah transparansi inspeksi kendaraan yang akan dilelang berdasarkan standar JBA,” ucap Chief Executive Officer PT JBA Indonesia Kazuhiro Shioyama.

Pada tahun 2023 mobil MPV seperti Avanza masih menjadi primadona di JBA Indonesia dengan total penjualan lebih dari 2.700 unit.

Selain itu, Calya, Sigra, Xenia, Innova, dan Honda Brio paling diminati di JBA Indonesia. Sedangkan untuk motor, yang paling favorit adalah Honda Beat FI CW, dengan total penjualan lebih dari 3.000 unit, diikuti juga oleh, Gear 125, Scoopy, Nmax, Mio m3 125 cw, Beat, dan Aerox 155.

Saat ini, JBA Indonesia juga menghadirkan Caroline.id yang berada dalam satu grup dengan JBA Indonesia. Caroline.id adalah diler mobil bekas online dan offline dengan layanan jual, beli, tukar tambah dan pre-order. Caroline.id memberikan pengalaman beli mobil bekas layaknya mobil baru.

Baca juga: Balai Lelang Mobil AUKSI buka gerai offline dan online di Surabaya

Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023