Jakarta (ANTARA) - Industri otomotif di Indonesia bahkan dunia, sedang mengalami keterpurukan yang disebabkan wabah virus corona. Sehingga, pola untuk memperkenalkan dan juga peluncuran kendaraan berubah ke arah digital.

Meski demikian, sepanjang 2020, sederet kendaraan berhasil meluncur baik dari pabrikan Asia Hingga kendaraan Eropa yang meluncurkan kendaraan merek dengan cara virtual. Berikut daftar kendaraan yang meluncur di 2020:

Januari

Suzuki All New Ertiga
 
All New Suzuki Ertiga (Antara News/Suzuki)


Memasuki tahun 2020, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memberikan penyegaran pada mobil keluarga All New Ertiga dengan menyajikan warna baru dan ubahan pada interior.

Adapun perubahan interior pada tipe GL, GX dan Suzuki Sport antara lain tambahan second row center arm rest dan ubahan warna hitam pada interior untuk tipe GX dan Suzuki Sport menjadi black with wood grain pattern.

Pada tipe GL, terdapat digital AC panel, sedangkan di tipe GX terdapat 8 inch touch screen head unit with remote control.

Harga On The Road Jabodetabek untuk tipe GL berkisar Rp224.500.000 untuk transmisi manual dan Rp235.000.000 untuk transmisi otomatis. Untuk tipe GX harga yang ditawarkan Rp238.500.000, transmisi manual dan Rp249.000.000 untuk transmisi otomatis.

All New Kia Seltos
 
SUV Kia Seltos. (ANTARA/Kia)

Prousen otomotif asal Korea Selatan, Kia semakin menghidupkan industri pasar otomotif dengan menghadirkan Kia Seltos di bawah PT Kereta Indo Artha (KIA) sebagai agen pemegang merek di Indonesia.

Mobil ini dibanderol seharga Rp295 juta on the road untuk varian E. Sedangkan untuk varian tertinggi EX+ KIA Seltos dibanderol Rp320 juta on the road.

Mobil ini hadir dengan tiga varian, E, EX dan EX+. All new Kia Seltos juga hadir dalam enam pilihan warna, yaitu Glacier White Pearl, Aurora Black Pearl, Intelligency Blue, Intense Red, Steel Silver dan Punchy Orange.

Mazda CX-30

Di akhir bulan Januari 2020, PT Eurokars Motor Indonesia (PT EMI) meluncurkan kendaraan sport utility vehicle (SUV) bertipe crossover, yakni Mazda CX-30 yang dibanderol dengan harga mulai Rp478,8 juta.

Managing Director PT EMI Ricky Thio mengatakan bahwa Mazda CX-30 merupakan SUV berkapasitas empat penumpang yang bisa digunakan untuk kebutuhan mobilitas sehari-hari.

Baca juga: Kia Indonesia gelar "General Check Up" gratis untuk 19 model mobil

Baca juga: Kia Sonet dibanderol di bawah Rp200 juta

Baca juga: PT KIA akan bawa Kia Sonet ke Indonesia?
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020