Jakarta (ANTARA) - Pembeli kendaraan di Indonesia masih banyak didominasi dengan pembelian secara kredit, pada ajang pameran otomotif terbesar di Indonesia yakni Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 menjadi momen pas untuk memboyong kendaraan impian.

Meski begitu, para calon konsumen tidak perlu terburu-buru dalam membeli kendaraan secara kredit. Terdapat beberapa kiat yang bisa menjadi acuan bagi mereka yang hendak membeli kendaraan secara kredit.

Dalam kesempatan ini, Astra Credit Companies (ACC) yang merupakan grup perusahaan pembiayaan ternama memberikan beberapa kiat aman bagi para calon pembeli kendaraan melalui perusahaan pembiayaan.

Baca juga: Sederet merek mobil China ramaikan pameran otomotif GIIAS 2024

Baca juga: Lima hal penting wajib tahu sebelum membeli kendaraan listrik

Tentukan produk pembiayaan yang sesuai

Memiliki mobil impian secara kredit akan membutuhkan komitmen dalam pembayaran uang muka serta pembayaran cicilan selama masa tenor hingga lunas. Pastikan pembayaran cicilan kredit ini aman secara cash flow keuangan bulanan.

Sehingga, para calon konsumen harus cermat dalam mengenal alur keuangan mereka. agar nantinya tidak terbebani dengan biaya yang harus dikeluarkan untuk membayar biaya perbulannya.

Persyaratan kredit

Dalam membeli kendaraan secara kredit, biasanya para calon konsumen diminta untuk melengkapi berbagai persyaratan wajib. Sehingga, para konsumen atau calon pembeli harus melengkapi data-data yang sesuai dan benar.

“Saat ini marak penipuan kredit dengan menggunakan dokumen dan data pribadi milik orang lain. ACC juga mengingatkan jangan pernah memberikan data dan dokumen pribadi kepada orang lain untuk pengajuan kredit karena akan merugikan diri sendiri”, kata Executive Vice President Corporate Communication ACC Riadi Prasodjo.

Memahami hak dan kewajiban

Pastikan sudah memahami hak dan kewajiban berdasarkan perjanjian pembiayaan sebelum menandatanganinya. Perjanjian pembiayaan mengatur seluruh proses pembiayaan mulai dari awal hingga pembiayaan lunas.

ACC menyediakan Ringkasan Informasi Pembiayaan dan Pelayanan (RIPLAY) untuk mempermudah customer memahami perjanjian pembiayaan sebelum menandatanganinya.

Pembayaran angsuran tepat waktu

Jika ada kendala dalam pembayaran angsuran kredit sebaiknya customer menghubungi kantor cabang ACC terdekat untuk dicarikan solusi yang terbaik untuk kedua belah pihak.

“Saat ini juga marak kasus customer yang nekat menyembunyikan atau bahkan menjual mobilnya yang dalam masa kredit kepada orang lain ketika dia tidak dapat membayar angsuran. Padahal tindakan ini termasuk dalam aksi penggelapan dan memiliki konsekuensi hukum pidana,” ujar Riadi.

Dalam ajang pameran GIIAS 2024, ACC menawarkan bunga spesial yaitu bunga 0,67 persen untuk tenor 1 tahun dengan syarat dan ketentuan yang dapat diketahui konsumen pada saat kunjungan ke GIIAS 2024.

Baca juga: Lima langkah cermat membeli mobil baru di 2024

Baca juga: Aplikasi Galemoru hadirkan kemudahan membeli kendaraan baru

Baca juga: Kiat beli mobil baru di ajang pameran otomotif

 

Pewarta:
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024