Jakarta (ANTARA) - Grup otomotif Tiongkok, Geely, telah meluncurkan baterai lithium-iron-phosphate (LFP) baru untuk mobil listrik (EV), yang katanya akan bagus untuk berkendara sejauh sejuta kilometer (km) dan bertahan selama 50 tahun.

Baterai ini juga diklaim mengisi daya lebih cepat, bekerja lebih baik di lingkungan yang dingin, dan dapat bertahan dari beberapa penyalahgunaan yang serius, lapor Carscoops, Selasa (2/7).

Baterai baru yang disebut “short blade” atau bilah pendek ini memiliki fitur diafragma yang diklaim lebih baik untuk meningkatkan kepadatan energi dan keamanan.

Baca juga: Penggantian baterai EV makin murah
 

Ia menggunakan bahan elektroda multi-elemen yang didoping untuk mengurangi laju reaksi kimia internal secara signifikan, yang diklaim oleh perusahaan sebagai salah satu alasan utama mengapa baterai jenis baru ini dapat menawarkan masa pakai yang lebih lama.

Geely menyebut bahwa baterai dapat diisi ulang sebanyak 3.500 kali, setara dengan satu juta km berkendara.

Masa pakai yang lebih lama tidak hanya akan membantu nilai sisa EV bekas, tetapi Geely juga mengatakan bahwa baterai ini akan mengurangi emisi karbon lebih dari 80.000 ton per tahun.

Baca juga: Volkswagen masuki bisnis penyimpanan energi baterai
 

Sel ini mempunyai kapasitas 192 Wh / kg dan kira-kira 40 persen lebih pendek daripada “blade battery” tradisional.

Pengujian yang dilakukan dengan baterai bilah pendek dan panjang dengan kapasitas yang sama menunjukkan bahwa baterai bilah pendek mengisi daya lebih cepat. Sementara baterai bilah panjang membutuhkan waktu 26 menit untuk mengisi daya dari 10-80 persen.

Baterai bilah pendek yang baru hanya membutuhkan waktu 17 menit dan 4 detik. Selain itu, retensi kapasitas bilah panjang turun menjadi 78,96 persen pada suhu -30°C, sementara bilah pendek mempertahankan 90,54 persen kapasitasnya dalam kondisi yang sama.

Baca juga: BYD dan CATL akan rilis baterai dengan pengisian daya super cepat 6C
 

Geely sangat bangga dengan betapa amannya baterai ini. Jika sel tertusuk, lapisan aluminium foil akan secara otomatis menyatu dengan diafragma baterai untuk menciptakan lapisan isolasi, mencegah korsleting dan peristiwa pelarian panas.

Selama pengujian, baterai ditusuk oleh delapan jarum baja 5 mm secara bersamaan dan dibiarkan selama 1 jam "tanpa efek buruk". Geely juga menembak baterai dengan peluru 5,8 mm dan tidak menemukan peristiwa penyalaan termal.

Baca juga: Seri 0, mobil masa depan Honda miliki baterai tipis dan bodi ringan
 

Pengujian tidak berhenti sampai di situ. Baterai bilah pendek yang baru juga direndam dalam air laut, dilemparkan ke dalam api, dimasukkan ke dalam lingkungan yang sangat dingin, dipukul dari samping, dihimpit seberat 26 ton, dan dikikis.

Geely mengatakan bahwa semua fitur keselamatan memungkinkan baterai untuk lulus dengan baik.

Grup yang menaungi merek-merek seperti, Zeekr, Lotus, Polestar, hingga Volvo ini belum mengatakan kapan mereka akan mulai membangun mobil listrik dengan baterai baru tersebut.

Baca juga: GAC akan hadirkan teknologi baru di industri baterai EV pada 2026

Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024