Jakarta (ANTARA) - Zeekr dari Geely telah mengumumkan bahwa mobil listriknya Zeekr 007 Performance mencapai waktu putaran 1:41.740 di Sirkuit Zhejiang, menjadikannya mobil listrik sepenuhnya (Battery Electric Vehicle/BEV) tercepat kelima yang telah disetujui oleh Federasi Automobil Internasional alias FIA.

Capaian tersebut melampaui rekor Xiaomi SU7 (1:42.163), Porsche Taycan Turbo S dan Tesla Model S Plaid, dan menempatkannya di urutan ke-48 secara keseluruhan di Sirkuit Internasional Zhejiang, lapor Carnewschina, Kamis (30/5) waktu setempat.

Sirkuit Zhejiang dirancang oleh Apex Circuit Design dan disetujui oleh FIA sebagai sirkuit Kelas 2. Sirkuit ini membentang sepanjang 3,2 kilometer dan memiliki ketinggian 22 meter.

Baca juga: Zeekr 007 kalahkan manusia dalam uji coba parkir

Baca juga: Mobil listrik Zeekr dilaporkan bakal masuk ke Australia


Sirkuit ini dapat dibagi menjadi dua lintasan, Timur dan Barat, dan memiliki 16 tikungan dengan sudut dan ketinggian yang bervariasi.

Versi performa penggerak empat roda dari Zeekr 007 menghasilkan tenaga motor puncak sebesar 475 kW dan torsi 710 N-m. Mobil ini dapat berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam dalam 2,84 detik.

Mobil ini dilengkapi dengan pelek 20 inci, ban berperforma tinggi, dan diffuser aktif belakang berbahan serat karbon.

Zeekr 007 (ANTARA/X/Zeekr Global)


Tidak seperti saudaranya, Zeekr 007 Performance memiliki batang stabilizer yang disempurnakan dan suspensi yang lebih kaku (40% depan, 25,5% belakang) untuk meningkatkan kontrol dinamis, dibantu oleh sistem reduksi getaran elektromagnetik CCD untuk penyesuaian waktu nyata.

Kontrol traksi TCS mengurangi selip roda, sementara kaliper Akebono dan cakram Brembo memastikan pengereman yang stabil, dengan jarak berhenti 34,4 meter dari kecepatan 100 km/jam.

Model ini memiliki eksterior “Kung Fu Yellow”, interior suede dengan jahitan oranye, dan kursi balap adaptif 18 arah. Kokpitnya dilengkapi dengan antarmuka HMI eksklusif.

Station wagon Zeekr 007 dilaporkan sedang dalam proses pengerjaan setelah Zeekr terdaftar di New York Stock Exchange di Amerika Serikat, mengumpulkan 441 juta pada Initial Public Offering (IPO) saham.

Suntikan dana ini akan memungkinkan Zeekr untuk berekspansi ke pasar internasional dan mendiversifikasi jajaran produknya. Model Zeekr saat ini meliputi 001, 007, 009, dan X.

Baca juga: Zeekr bawa perubahan untuk 001 yang bakal meluncur

Baca juga: Geely terbangkan satelit berikan kenyamanan berkendara secara otonom

Baca juga: Zeekr kenalkan MPV 009 terbaru, tambah berbagai fitur

Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024