Jakarta (ANTARA) - Produsen kendaraan listrik (Electric Vehicle/EV) asal Tiongkok, Zeekr, resmi telah memasuki pasar EV Indonesia dan akan memboyong dua model andalannya Zeekr X dan Zeekr 009 pada kuartal keempat tahun ini.

Merek yang menyasar segmen mobil listrik premium alias mewah tersebut akan memperkenalkan sebuah SUV yakni Zeekr X, dan sebuah MPV Zeekr 009.

Berdasarkan situs resmi Zeekr, Mobil penumpang Zeekr 009 menjanjikan jarak tempuh hingga kisaran 800 km (standar CLTC). Sedangkan SUV kecil Zeekr X, yang disebut mirip dengan Volvo XC40 atau BMW iX1 diklaim mampu menembus jarak tempuh hingga 446 km untuk varian Long Range RWD.

Baca juga: Resmi masuk RI, Zeekr percaya diri ambil segmen EV mewah

Baca juga: Zeekr 007 jadi BEV tercepat ke-5 di sirkuit yang disetujui FIA

Mobil listrik Zeekr X (ANTARA/X/Zeekr)
Headlight Zeekr X (ANTARA/X/Zeekr)

Zeekr X memiliki tenaga 315 kW (428 hp) dengan torsi 543 Nm dihasilkan oleh sistem motor ganda, yang memungkinkan akselerasi 0-100 km/jam hanya dalam waktu 3,8 detik, klaim Zeekr.

SUV dengan perawakan sporty ini dilengkapi dengan sistem pengereman yang memungkinkan kendaraan mencapai jarak berhenti 100 km/jam-0 hanya 34,5 m.

“Dibangun di atas Arsitektur Pengalaman Berkelanjutan (SEA), setiap Zeekr memastikan keamanan struktural dan mendukung sistem bantuan pengemudi yang canggih. Tujuh kantung udara, balok anti-tabrakan internal, dan sistem keselamatan terdepan di industri memberikan perlindungan 360 derajat,” tulis keterangan situs resmi Zeekr.

Kabin Zeekr X (ANTARA/X/Zeekr)
Kabin Zeekr X (ANTARA/X/Zeekr)

Kokpit interaktif adalah fitur yang menonjol pada mobil 5 penumpang ini, menampilkan layar sentuh 14,6 inci yang cerah, panel instrumen 8,8 inci, dan layar head-up augmented reality 24,3 inci yang besar.

Hal ini memungkinkan pengemudi memantau informasi dengan nyaman, cerdas, dan aman dalam setiap situasi berkendara.

Zeekr 009 (ANTARA/X/Zeekr)

Zeekr 009

Zeekr 009 merupakan MPV pertama di dunia yang dilengkapi dengan kisi-kisi depan yang cerdas dengan sistem lampu yang dapat disesuaikan sesuai keinginan pengemudi.

Mobil ini memiliki bilah lampu belakang terintegrasi sepanjang 1,47 m, menambah pernyataan gaya yang berani dan meningkatkan estetika unik ZEEKR 009.

Perawakan ZEEKR 009 cukup besar dan menciptakan ruang interior yang luas. Di ruang interior seluas 7,4 meter, kebisingan yang terukur di dalam ZEEKR 009 hanya 64,5dB saat melaju dengan kecepatan 120 km/jam, klaim Zeekr.

Interior Zeekr 009 (ANTARA/X/Zeekr)
Interior Zeekr 009 (ANTARA/X/Zeekr)

MPV berbadan besar ini memiliki spesifikasi panjang 5.209mm, lebar 2.024mm, dan tinggi 1.848mm, dengan jarak sumbu roda 3.205mm.

Zeekr 009 memiliki pilar A yang tersembunyi dan jendela kaca melengkung, menciptakan tampilan depan yang lebih indah sekaligus mencapai kesatuan fungsionalitas dan estetika.

Dilengkapi sistem penggerak empat roda cerdas yang terhubung ke 6 ECU utama dan beberapa sensor di seluruh kendaraan, Zeekr 009 diklaim dapat beralih antara penggerak dua roda dan penggerak empat roda dalam 0,4 detik.

Selain itu, mobil mewah ini telah disematkan tujuh buah kamera HD 8MP, empat kamera surround view 2MP, dan satu radar gelombang milimeter jarak sangat jauh 250m yang memungkinkan berbagai macam kesadaran jalan yang cerdas dengan bantuan kecerdasan buatan (AI).

Ruang kabin Zeekr 009 (ANTARA/X/Zeekr)

Daya puncak mobil ini mencapai 400kW, dan motor belakangnya mengandung teknologi silikon karbida SiC dengan efisiensi maksimum 98,5 persen.

Belum disebut harga untuk kedua produk ini di Indonesia, namun, di Singapura Zeekr X dilego dengan estimasi harga Rp818 juta hingga Rp1 miliar. Di China, Zeekr 009 ditawarkan dengan kisaran Rp1,7 miliar.

Baca juga: Resmi, merek EV Tiongkok Zeekr teken kerja sama masuk RI bawa 2 model

Baca juga: Zeekr 007 kalahkan manusia dalam uji coba parkir

Baca juga: Mobil listrik Zeekr ingin lipatgandakan penjualan tahun ini

 

Pewarta:
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024