Jakarta (ANTARA) - Zeekr meluncurkan versi model tahun 2025 dari 007, dilengkapi baterai “Golden Battery” generasi kedua yang diklaim miliki teknologi pengisian daya tercepat di dunia.

Golden Battery adalah baterai lithium besi fosfat yang dikembangkan sendiri oleh Zeekr. Sejauh ini, perubahan terbesar yang diketahui tentang versi generasi kedua adalah kecepatan pengisian daya yang meningkat dari 4,5C menjadi 5,5C, lapor Carnewschina, Selasa (13/8).

Ini berarti dalam praktiknya, baterai dapat diisi dari 10 hingga 80 persen SOC dalam 10,5 menit, yang berarti 4,5 menit lebih cepat dibandingkan dengan generasi pertama.

Zeekr mengklaim bahwa baterai ini sekarang mengisi daya lebih cepat daripada baterai lithium terner dan bahwa Golden Battery adalah baterai produksi massal dengan pengisian daya tercepat di dunia.

Baca juga: Zeekr 007 jadi BEV tercepat ke-5 di sirkuit yang disetujui FIA

Baca juga: Zeekr 007 kalahkan manusia dalam uji coba parkir


Pada gilirannya, hal ini menjadikan Zeekr 007 yang dilengkapi dengan Golden Battery sebagai mobil listrik tercepat yang diproduksi secara massal di dunia.

Ketika Golden Battery generasi pertama diluncurkan, Zeekr mengumumkan pengujian keamanan ekstrem yang telah dijalani baterai tersebut.

Prestasi keamanan seperti lolos uji baterai dilemparkan ke dalam api bersuhu seribu derajat celsius ditempatkan kembali ke generasi kedua.

Tampak belakang Zeekr 007 (ANTARA/X/Zeekr Global)



Baca juga: Resmi masuk RI, Zeekr percaya diri ambil segmen EV mewah

Waktu akselerasi Zeekr 007 telah ditingkatkan. Varian penggerak roda belakang memiliki waktu akselerasi 0-100 km/jam dalam 5,0 detik, sementara versi generasi pertama 5,4 detik. Sementara varian all wheel drive standar, waktu tempuhnya menjadi 3,4 detik.

Selain itu, waktu akselerasi varian performa penggerak empat roda tetap tidak berubah pada 2,84 detik, yang diklaim Zeekr membuatnya menjadi mobil listrik murni tingkat menengah dengan akselerasi tercepat di dunia.

Zeekr 007 terbaru hadir dengan sistem Haohan intelligent driving 2.0, yang bekerja dengan basis Lidar plus fusi visual. Dengan bantuan lebih dari 30 sensor, Zeekr 007 dapat mengelola 30 jenis persimpangan yang kompleks dengan tingkat kelulusan lebih dari 95 persen.

Sistem ini memperkenalkan 1.000 skenario lalu lintas baru, dan akurasi kognisi telah meningkat lebih dari 120 persen. Sebagai bagian dari peningkatan, kemampuan parkir juga telah ditingkatkan.

Zeekr 007 (ANTARA/X/Zeekr Global)

Sistem operasi telah ditingkatkan ke Zeekr OS AI. Dengan memanfaatkan hal ini, semua sistem mobil sekarang dapat dikontrol dengan suara dari bagian kabin mana pun. Selain mengikuti perintah secara pasif, sistem dapat membuat rekomendasi aktif berdasarkan skenario.

Ini termasuk hal-hal seperti pengingat untuk mengisi daya mobil atau mengubah sirkulasi internal AC saat memasuki terowongan.

Zeekr 007 generasi terbaru tersedia dalam empat varian, dengan tipe terendah seharga 29.350 dolar Amerika Serikat  atau sekitar Rp460 juta, dan tipe tertinggi dengan penggerak empat roda seharga 41.950 dolar AS atau kisaran Rp657,5 juta.

Baca juga: Zeekr segera luncurkan sedan listrik pertamanya di China

Baca juga: Merek mobil listrik premium China Zeekr akan rambah pasar Indonesia

Baca juga: Ini spek EV Zeekr X dan Zeekr 009 yang bakal mengaspal di Indonesia

 

Pewarta:
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024