Jakarta (ANTARA) - Pabrikan otomotif asal China, Zeekr telah memastikan bahwa kendaraan station wagon Zeekr 007 akan diluncurkan pada tahun 2025, seperti yang dikonfirmasi oleh CEO Zeekr,, An Conghu melalui CarnewsChina, Jumat.

Mobil yang akan menjadi pesaing dari Nio ET5T ini belum banyak diketahui spesifikasi pastinya. Meski begitu, bisa dipastikan bahwa kendaraan ini bakal meluncur di kuartal ketiga tahun 2025.

Zeekr 007 Wagon akan sangat mirip dengan sedan yang juga akan mereka luncurkan pada tahun depan, yaitu 4880, 1900, dan 1448 mm (p/l/t) dan jarak sumbu roda 2928 mm. Dengan demikian, mobil ini berada hampir tepat di tengah-tengah ukuran Nio ET5T dan Neta S wagon.

Baca juga: Zeekr luncurkan 007 generasi baru dengan pengisian daya tercepat dunia

Banyak yang mengasumsikan bahwa kendaraan ini akan dibekali dengan hasil pabrikan tersebut, yang dapat mendukung pengisian daya 5.5C. Klaim Zeekr ini berarti bahwa 007 adalah EV produksi pengisian daya tercepat di dunia dengan SOC 10 hingga 80 persen dalam 10,5 menit.

Sedan dari 007 hadir dengan dua varian yakni versi motor tunggal dan ganda. Semua versi menggunakan motor listrik 310 kW pada as roda belakang, dan versi motor ganda menambahkan motor listrik 165 kW di bagian depan.

Sebagai bagian dari pembaruan model tahun 2025, Zeekr 007 menerima sistem Haohan intelligent driving 2.0, yang meningkatkan kemampuan mobil untuk mengemudi sendiri.

Baca juga: Merek mobil listrik premium China Zeekr akan rambah pasar Indonesia

Mobil ini memiliki lebih dari 30 sensor, termasuk Lidar, dan sistem ini bekerja berdasarkan Lidar plus visual fusion. Pada saat mobil ini diluncurkan pada tahun 2025, sistem ini akan memiliki kemampuan door-to-door. Dua Chip Nvidia Orin X menyediakan daya komputasi 508 TOPS, yang memungkinkan sistem mengemudi cerdas.

Di dalam kokpit, Zeekr 007 dilengkapi layar tengah OLED 15 inci, sistem AR-HUD 35,5 inci, dan panel instrumen LCD. Fitur lainnya termasuk sistem audio premium 21 speaker, sistem pengharum AI, dan atap panorama.

Baca juga: Ini spek EV Zeekr X dan Zeekr 009 yang bakal mengaspal di Indonesia

Zeekr 007 merupakan mobil terlaris dari merek tersebut. Meskipun saat ini belum banyak yang diketahui tentang versi wagon, model ini pasti akan semakin menarik, terutama saat diekspor.

Sebenarnya, kendaraan berjenis station wagon ini tidak terlalu populer di industri otomotif China. Hanya saja, banyak kendaraan tersebut dialihkan untuk pasar luar China seperti Eropa karena arus kendaraan elektrik yang besar saat ini.

Baca juga: Resmi masuk RI, Zeekr percaya diri ambil segmen EV mewah

Baca juga: Zeekr 007 jadi BEV tercepat ke-5 di sirkuit yang disetujui FIA

Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024