Jakarta (ANTARA) - BMW menjadi produsen mobil pertama yang menerima persetujuan untuk kombinasi sistem Level 2 dan Level 3 dalam kendaraan yang sama untuk teknologi kemudi otonom, sebagaimana yang dilaporkan laman Carscoops, Senin (1/7).

Kombinasi tersebut memungkinkan pemilik BMW dengan teknologi tersebut untuk menyantap popcorn, duduk santai dan menonton film di dalam kabin, sembari mobil mengemudi dengan sendirinya untuk pemilik.

BMW telah menawarkan sistem Level 3 di beberapa pasar, namun pada Seri 7 terbaru, dua sistem tercanggih dari produsen mobil ini telah digabungkan secara bersamaan.

Sistem Level 2 yang dikenali sebagai BMW Highway Assistant, membolehkan pengemudi melepaskan tangan mereka dari setir untuk jangka waktu yang lama, selagi mereka tetap memberi perhatian.

Baca juga: BMW "recall" Seri 5 dan 7 sebanyak 9 ribu unit karena fitur ini

Baca juga: BMW M3 listrik 2027 digadang memiliki empat motor listrik dan RWD

Sistem ini dapat bekerja pada kecepatan hingga 81 mph (130 km/jam) di jalan raya dengan pembatas. Bagian yang paling mengesankan dari BMW Highway Assistant adalah fungsi perubahan jalur otomatis yang secara otonom akan membuat perubahan jalur tergantung pada situasi lalu lintas.

Untuk mengonfirmasi perubahan lajur, pengemudi hanya perlu melihat ke salah satu kaca spion.

Di Jerman, sistem ini sekarang dapat beroperasi bersama dengan sistem BMW Personal Pilot L3. Sistem ini memungkinkan pengemudi untuk melepaskan tangan mereka dari kemudi dan mengalihkan perhatian dari jalan, pada kecepatan hingga 37 mph (60 km/jam).

Pemilik dapat melakukan panggilan telepon, mengirim pesan, dan bahkan melakukan streaming video saat mode ini digunakan, namun mereka harus dapat kembali mengendalikan mobil dalam beberapa detik.

Juru bicara BMW mengatakan bahwa perusahaan harus membuat antarmuka (interface) pengguna baru untuk memastikan pengemudi mengetahui perbedaan antara sistem Level 2 dan Level 3.

Model BMW Seri-7 terbaru dapat dilengkapi dengan BMW Highway Assistant dan BMW Personal Pilot L3 dengan tambahan biaya 6.400 dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp104 juta.

Pemilik model Seri 7 baru yang telah menerima kendaraan mereka dengan sistem Level 3 akan menerima BMW Highway Assistant secara gratis mulai bulan Agustus. Sistem Level 3 tercanggih dari BMW ini hanya tersedia di Jerman.

Sekadar informasi, teknologi kemudi otonom saat ini terbagi menjadi beberapa level, semakin tinggi level, semakin minim keterlibatan pengemudi yang dibutuhkan kendaraan. Level tertinggi teknologi ini adalah kemampuan mengemudi otonom sepenuhnya.

Baca juga: BMW luncurkan Seri 7 varian mild hybrid dan full-listrik di Indonesia

Baca juga: BMW seri terbaru akan pakai baterai "cylindrical cells" CATL

Baca juga: BMW Connected Drive mudahkan pemilik untuk akses kendaraan

Pewarta:
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024