Jakarta (ANTARA) - Mengendarai sepeda motor off-road tidak semudah yang dibayangkan, terutama bagi Anda yang belum terbiasa atau baru memulai hobi bermotor di lintasan tanah tersebut.

Yamaha berbagi beberapa kiat mudah dan aman bagi Anda yang ingin memulai atau belajar berkendara sepeda motor off-road, setidaknya agar bisa menaklukkan medan yang sulit dan terhindar dari kecelakaan.

"Lintasan berkarakter tanjakan dan turunan sering ditemui biker ketika menjelajahi trek off-road, namun itu bukan menjadi halangan menikmati riding di alam," kata Antonius Widiantoro, Manager Public Relations, Yamaha Riding Academy (YRA) PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dalam siaran pers dikutip Minggu.

Saat menanjak, posisi duduk pengendara disarankan berdiri, terutama ketika menghadapi tanjakan yang tinggi agar menghindari motor terbalik.

Jika tanjakan tidak ekstrim, diperbolehkan mengambil posisi duduk. Adapun jika mengambil posisi berdiri, usahakan badan melewati posisi stang.

Baca juga: KTM 125 Duke dirilis seharga Rp28,7 juta

Baca juga: Yamaha D'Elight 2021 hadir dengan teknologi baru


Posisi kedua kaki tetap menjepit body motor/knee grip agar motor tetap stabil. Sedangkan posisi tangan memegang handle dengan kuat namun tetap rileks agar motor mudah diarahkan.

Gunakan gear dan RPM yang tepat agar kuat menanjak dan mesin motor tidak mudah mati. Hindari pengereman keras (rem depan atau belakang) untuk menjaga rpm dan kecepatan yang baik.

Saat akan sampai di puncak tanjakan, tutup gas/gunakan tenaga inersia motor. Hindari gas terbuka penuh ini karena akan membuat motor mudah jumping.
 
Tips off road Yamaha WR 155 R (ANTARA/HO)


Jalan Menurun

Jika akan mengambil lintasan menurun, usahakan posisi badan agak condong ke belakang terutama saat melewati jalan menurun yang curam untuk menghindari motor terpelanting ke depan/stoppie.

Apabila kondisi jalan mulus, pengendara bisa mengambil posisi duduk, namun jika jalan rusak agak diangkat sedikit dari jok agar guncangan tidak sampai ke badan.

Posisi tangan tetap lurus dan rileks, dengan posisi kaki mendekap body motor dan berat pengendara ditumpu di kaki agar keseimbangan tetap terjaga.

Gunakan gear yang tepat dan hindari penggunaan rem yang keras dan tiba-tiba agar tidak mudah slip dan terjatuh. Selain itu, yang terpenting adalah kenali jalur dan karakter motor sehingga lebih memudahkan dan membuat aman ketika melewati jalur yang mudah maupun sulit.

Baca juga: NIU bawa dua skuter listrik ke Indonesia, harga mulai Rp20,9 jutaan

Baca juga: Yamaha All New Aerox 155 Connected hadir dalam corak MotoGP

Baca juga: Yamaha rilis mobil rekreasi RMAX-1000

Pewarta: A069
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020