Jakarta (ANTARA) - Produsen ban Bridgestone Indonesia memperkenalkan label baru pada ban-ban buatannya dengan ukuran yang lebih kecil dan ringkas sebagai bagian dari andilnya dalam kampanye pengurangan sampah plastik sebagaimana dianjurkan oleh pemerintah.

Langkah Bridgestone itu sejalan dengan Peraturan Presiden No. 97 tahun 2017 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga, untuk dapat mengurangi 30 persen jumlah sampah pada tahun 2025.

Saat ini ada lebih dari 30 kota/kabupaten di Indonesia yang mulai menerapkan pelarangan penggunaan plastik sekali pakai, termasuk di DKI Jakarta untuk mengurangi potensi potensi sampah plastik.

Baca juga: Turanza T005A dipercayai sebagai ban original Toyota All New Camry

Baca juga: Bridgestone akan pasok ban untuk Hyundai Palisade


Ikut menyukseskan program pengurangan sampah plastik, Bridgestone Indonesia membuat label baru pada ban dengan tampilan yang lebih ringkas, ukurannya juga 40 persen lebih kecil dari label sebelumnya.

“Mengingat penggunaan label ban masih diharuskan di pasar Indonesia, kami memaksimalkannya dengan membuat desain yang lebih ringkas dan menarik. Ukuran label baru yang lebih kecil ini juga merupakan bentuk turut serta kami dalam program pemerintah untuk dapat mengurangi jumlah sampah plastik,” kata Presiden Direktur PT Bridgestone Tire Indonesia, Mukiat Sutikno, dalam pernyataan resmi, dikutip Kamis.

Berdasarkan angka penjualan rata-rata tahunan Bridgestone di Indonesia, inisiatif untuk mengurangi ukuran label ban ini diperkirakan dapat membantu mengurangi sampah plastik sebesar 7 ton setiap tahunnya.

“Inisiatif ini tentunya sejalan dengan misi CSR (tanggung jawab sosial perusahaan) Global Bridgestone yaitu ‘Our Way to Serve’, yang merupakan komitmen nyata Bridgestone untuk selalu menyumbang masyarakat dengan mutu tertinggi serta membantu memastikan lingkungan yang sehat bagi generasi kini dan mendatang,” tambah Mukiat.

Label yang terdapat pada setiap ban berisikan informasi terkait produk ban, informasi produsen, pemenuhan standar dan sertifikasi yang diperlukan dan petunjuk penggunaan.

Label baru pada ban Bridgestone di pasar Indonesia ini juga dilengkapi dengan penyematan QR code yang memungkinkan pelanggan lebih mudah dalam mengakses fitur produk serta informasi produk penting lainnya.

Baca juga: Bridgestone Turanza Eco, ban khusus mobil listrik Volkswagen ID.3

Baca juga: Bridgestone tangguhkan produksi 11 pabrik di Jepang

Baca juga: Ban "cerdas" Goodyear tertanam sensor untuk optimalkan jarak henti
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020